PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN LATIHAN RUTIN DI KLUB TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SSB UNDIP SEMARANG TAHUN 2012


Qorby Haqqul Adam, 6301408067 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN LATIHAN RUTIN DI KLUB TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SSB UNDIP SEMARANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN LATIHAN RUTIN DI KLUB TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SSB UNDIP SEMARANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN LATIHAN RUTIN DI KLUB TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SSB UNDIP SEMARANG TAHUN 2012)
Download (12MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini dengan munculnya fenomena menonton siaran sepakbola akan mengakibatkan masyarakat khususnya anak-anak sering menonton siaran sepakbola melalui media audiovisual dan mempraktekkan hasil tontonan mereka pada waktu latihan. Permasalahan penelitian ini : 1) Apakan penggunaan media audiovisual memberikan pengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa SSB Undip Semarang, 2) Apakah latihan rutin di klub memberikan pengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa SSB Undip Semarang, 3) Apakah penggunaan media audiovisual dan latihan rutin di klub memberikan pengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa SSB Undip Semarang Tahun 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audiovisual dan latihan rutin di klub terhadap motivasi berprestasi siswa SSB Undip Semarang secara parsial dan simultan. Kegunaan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu kepelatihan sepakbola. Jenis penelitian ini eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SSB Undip KU-12 tahun berjumlah 24 orang. Menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner berupa pernyataan untuk mengetahui tingkat motivasi berprestasi siswa. Untuk validitas dikatakan valid apabila harga rhitung > r table dan nilai signifikansinya < 0,05. Dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan taraf signifikansi > 0,60. Koefisien reliabilitas untuk variabel penggunaan media audiovisual 0.623, latihan rutin di klub 0.870, motivasi berprestasi 0.745. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji prasyarat analisis, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis, Hasil penelitian ini menunjukkan persentase penggunaan media audiovisual (X1) sebesar 19.98% dan latihan rutin di klub (X2) sebesar 31.69% terhadap motivasi berprestasi siswa. Secara simultan diperoleh pengaruh sebesar 19.774% terhadap motivasi berprestasi siswa SSB Undip Semarang Tahun 2012. Kontribusi antara penggunaan media audiovisual terhadap motivasi berprestasi sebesar -0.523, Kontribusi antara latihan rutin di klub terhadap motivasi berprestasi sebesar 0.281 dan Kontribusi antara penggunaan media audiovisual dan latihan rutin di klub terhadap motivasi berprestasi sebesar 19.774. Simpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh simultan dan parsial antara penggunaan media audiovisual dan latihan rutin di klub terhadap motivasi berprestasi siswa SSB Undip Semarang. Saran untuk penelitian ini agar seluruh pihak ikut serta dalam mencapai prestasi siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media audiovisual, latihan, motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:29
Last Modified: 16 May 2014 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18964

Actions (login required)

View Item View Item