PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA N 1 PEMALANG


Heru Susilo, 4401408098 (2012) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA N 1 PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA N 1 PEMALANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA N 1 PEMALANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penilaian keterampilan proses sains merupakan hal yang penting dalam pembelajaran biologi. Berdasarkan wawancara dengan guru di SMA N 1 Pemalang diketahui bahwa, penilaian pada pembelajaran materi sistem pencernaan dilakukan dengan menggunakan soal pilihan ganda. Tetapi soal pilihan ganda yang dibuat oleh guru hanya mengukur kemampuan siswa dalam menghafal, sehingga penilaian keterampilan proses sains belum dilakukan. Hal tersebut dikarenakan belum ada instrumennya. Menurut Surapranata (2004), soal pilihan ganda juga mampu mengukur aspek keterampilan proses sains. Oleh karena itu, soal pilihan ganda memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai instrumen penilaian keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes keterampilan proses sains materi sistem pencernaan kelas XI dan mengetahui kelayakannya. Keterampilan proses yang diukur meliputi keterampilan mengamati, mengklasifikasi, menghitung, menginferensi, memberikan definisi operasional, merencanakan percobaan dan menginterpretasikan data. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D). Tes dikembangkan melalui tahap analisis potensi dan masalah, pengumpuan data, penyusunan produk, penilaian pakar, revisi produk, dan uji coba produk. Data penelitian berupa kelayakan dan kualitas tes keterampilan proses sains. Sampel uji coba tahap pertama berjumlah 157 siswa kelas XI IPA 1, 2, 3, dan 5, sedangkan pada uji coba tahap kedua 186 siswa kelas XI IPA 1, 2, 3, 4, dan 5. Kelayakan tes keterampilan proses sains diukur dengan lembar kelayakan tes. Kualitas tes keterampilan proses sains meliputi daya beda, tingkat kesukaran, dan reliabilitas tes dihitung dengan program ITEMAN. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yaitu tes keterampilan proses sains materi sistem pencernaan berupa 35 item soal pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Rata-rata persentase kelayakan tes keterampilan proses sains sebesar 94,9%. Daya beda 0,46, tingkat kesukaran 0,69 dan reliabilitas 0,71. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, tes keterampilan proses sains materi sistem pencernaan berupa 35 item soal pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban telah berhasil dikembangkan dan layak diterapkan di SMA N 1 Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ITEMAN; Tes Keterampilan Proses Sains; Materi Sistem Pencernaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:36
Last Modified: 16 May 2014 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18954

Actions (login required)

View Item View Item