PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN 3D BERBASIS MUVIZU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS I DI SD LAB SCHOOL UNNES


Tri Astuti, 1102409033 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN 3D BERBASIS MUVIZU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS I DI SD LAB SCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN 3D BERBASIS MUVIZU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS I DI SD LAB SCHOOL UNNES]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN 3D BERBASIS MUVIZU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS I DI SD LAB SCHOOL UNNES)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan ketika guru menyampaikan matari pelajaran di dalam kelas ada beberapa mata pelajaran yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan materinya yaitu matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan 2 angka. Hal ini di dukung juga dengan belum ada media pembelajarannya. Siswa merasa jenuh, tidak suka terhadap matematika dan mengganggap bahwa matematika itu pelajaran yang susah dan membosankan. Selain itu guru juga kesulitan membuat alat peraga atau media pembelajaran. Mengantisipasi kendala tersebut, dibutuhkan sebuah media pembelajaran baru yang menarik serta dapat merangsang imajinasi dan kreatifitas siswa, salah satunya adalah media pembelajaran kartun 3D pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran kartun 3D dan seberapa efektif pengembangan media pembelajaran kartun 3D. Metode yang dipakai metode Research and Development (penelitian dan pengembangan), tapi lebih difokuskan pada proses pengembangan menggunakan metode ADDIE. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan, merancang, membuat media pembelajaran kartun 3D, setalah itu di terapkan kemudian dilakukan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan deskreptif presentase dan uji satu sampel untuk ketuntasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran kartun 3D pokok bahasan penjumlahan dan penguarangan bilangan 2 angka. Hal ini dilihat dari hasil validasi isi, tampilan, dan kefektifan prodak oleh ahli materi sebesar 97,8 % dinyatakan sangat baik, aspek media, tampilan, kualitas dan keefektifan media oleh ahli media sebesar 85,85% dinyatakan sangat baik dan hasil produk dan keefektifan oleh peserta didik sebesar 97,97% dinyatakan sangat baik. Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t Satu Sample memperoleh hasil yang baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa pada α = 5 % dengan dk=22-1 = 21 diperoleh t tabel = 2,080. Didapat t hitung = 5,15 ≥ ttabel = 2,080. Karena t hitung ≥ ttabel maka hipotesis (Ho) diterima. Maka disimpulkan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartun 3D ini efektif digunakan dalam pembelajaran. Guru hendaknya membekali dirinya lebih baik lagi dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran agar suasana belajar lebih menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari materi pelajaran yang sedang disampaikan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Kartun 3D, Mata Pelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:31
Last Modified: 16 May 2014 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18953

Actions (login required)

View Item View Item