PENERAPANBOOKLETINSTRUKSIONAL MANDIRI IPA BERPENDEKATAN SETS PADA MATERI LIMBAH DI SMK NEGERI KOTA SEMARANG


Roosita Damayanti, 4401408073 (2013) PENERAPANBOOKLETINSTRUKSIONAL MANDIRI IPA BERPENDEKATAN SETS PADA MATERI LIMBAH DI SMK NEGERI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPANBOOKLETINSTRUKSIONAL MANDIRI IPA BERPENDEKATAN SETS PADA MATERI LIMBAH DI SMK NEGERI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPANBOOKLETINSTRUKSIONAL MANDIRI IPA BERPENDEKATAN SETS PADA MATERI LIMBAH DI SMK NEGERI KOTA SEMARANG)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh alokasi waktu pembelajaran di kelas mata pelajaran IPA SMK yang terbatas serta hasil belajar siswa yang masih rendah. oleh sebab itu diperlukan bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa baik dengan ataupun tanpa kehadiran guru. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan Booklet Instruksional Mandiri (BIM) Berpendekatan SETS terhadap hasil belajar siswa pada materi Limbah di SMKNegeri Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitianPretest –Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa kelas XI SMK Negeri Se-Kota Semarang. Sampel yang digunakan XI TKR 2 SMKN 1 dan XI TMO 1 SMKN 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menerapkan BIM Berpendekatan SETS. XI TKR 3 SMKN 1 dan XI TMO 2 SMKN 4 sebagai kelas kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data yang diambil berupa data hasil belajar yang dianalisis menggunakan Uji N-Gain dan Uji t, aktivitas siswa selama pembelajaran, tanggapan siswa dan tanggapan guru. Hasil belajar diperoleh dari nilai posttest, nilai tugas serta nilai produk, aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi, tanggapan siswa dan guru diperoleh dengan menggunakan angket. Hasil uji N-Gain kelas eksperimenyang tergolong dalam kriteria sedang dan tinggi untuk SMKN 1 sebesar 91% dan SMKN 4 sebesar 97%. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t menunjukkan SMKN 1t-hitung 2,194 >t-tabel1,997 dan SMKN 4 t-hitung 3,990 >t-tabel 1,999. Hal ini menunjukkan bahwa ada beda nyata antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penerapan BIM dengan kegiatan pembelajaran yang berpendekatan SETS menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi optimal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkanBooklet Instruksional Mandiri Berpendekatan SETS, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen pada pembelajaran IPA materi Limbah di SMK lebih besar dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Booklet Instruksional Mandiri, Hasil Belajar, Materi Limbah, SETS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:32
Last Modified: 16 May 2014 16:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18947

Actions (login required)

View Item View Item