Pameran Seni Rupa sebagai Metode Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Dwi Hadi Abdul Aziz, 1402907228 (2009) Pameran Seni Rupa sebagai Metode Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Pameran Seni Rupa sebagai Metode Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar)
- Published Version
Download (24MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di SD Negeri Keputon 02, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang masih mengalami permasalahan, hal ini ditunjukan dengan rendahnya nilai rata-rata kelas mata pelajaran SBK materi seni rupa sebesar 44,52.Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IV materi seni rupa (2) Meningkatkan aktivitas pembelajran Seni Budaya dan Keterampilan (3) memberikan penghargaan terhadap hasil karya siswa. Objek tindakan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menciptakan dan menyajikan karya cipta kepada orang lain . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Keputon 02, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Adapun subjek pelaku tindakan adalah guru kelas IV dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2008/2009, sedangkan mata pelajaran yang diteliti adalah Seni Budaya dan Keterampilan materi seni rupa. Data dikumpulkan melalui observasi yang dilaksanakan sejak awal hingga akhir penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dapat berwujud data kuantitatif maupun kualitatif. Selanjutnya data dianalisa, dikembangkan selama refleksi hingga penyusunan laporan skripsi. Pameran seni rupa merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyalurkan aspirasi dan kreativitas siswa. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan materi seni rupa. Kegiatan ini mempunyai tujuan agar siswa mampu menyiapkan dan melaksanakan pameran seni rupa di lingkungan sekolah tempat mereka menimba ilmu sehari-hari. Hasil dari pelaksanaan pameran seni rupa menunjukkan peningkatan perolehan rata-rata kelas dari 44,52 menjadi 78,01. Pameran seni rupa merupakan kegiatan yang membutuhkan perencanaan jauh-jauh hari sehingga diperlukan persiapan yang matang. Kegiatan ini juga menuntut aktivitas siswa secara maksimal, sehingga semua siswa terlibat di dalamnya, hal ini mampu merangsang antusiasme siswa dalam setiap pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pameran Seni Rupa, Seni Budaya dan Keterampilan, Kreativitas, Karya cipta |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Apr 2011 11:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1889 |
Actions (login required)
View Item |