PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN MIKROKONTROLLER KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SALATIGA


Anang Budhi Nugroho, 5301409031 (2013) PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN MIKROKONTROLLER KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN MIKROKONTROLLER KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SALATIGA]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN MIKROKONTROLLER KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SALATIGA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang dunia pendidikan dapat memberikan hal baru dalam kegiatan belajar mengajar. Identifkasi awal penulis dilakukan pada saat pelaksanaan PPL di SMK Negeri 2 Salatiga, penulis menyimpulkan bahwa pada umumnya guru mata pelajaran hanya menggunakan metode ceramah, Sehingga kesan yang ditimbulkan adalah keaktifan siswa sangat kurang. Karena, lebih terlihat sederhana dan menarik minat dan semangat belajar siswa – siswi. Multimedia pembelajaran dapat memberikan pengalaman baru dalam kegiatan belajar siswa - siswi. Dari hasil penelitian dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran Prestasi belajar pada nilai rata – rata kelas (klasikal) peserta didik (kelas eksperimen) yang telah memanfaatkan multimedia dalam proses belajar mengajar yang memperoleh nilai rata – rata kelas (klasikal) yang juga lebih baik dengan nilai rata – rata 82.38 dengan prosentase 82.38% dan dengan kriteria baik sekali apabila dibandingkan dengan peserta didik (kelas normal) yang belum memanfaatkan multimedia dalam proses belajar mengajarnya dengan nilai rata – rata 74.92 dengan prosentase 79% dan dengan kriteria baik. Sedangkan keaktifan siswa yang telah memanfaatkan multimedia selama proses pembelajaran memiliki kategori/kriteria sangat tinggi sebesar 40.63% atau sejumlah 13 siswa, sebesar 50.00% atau 16 siswa dalam kategori/kriteria tinggi dan sisanya memiliki kriteria/kategori sedang sebesar 9.38% dengan jumlah 3 siswa. Dengan adanya pembelajaran yang telah memanfaatkan multimedia dalam proses belajar mengajar maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa secara garis besar rata – rata 94,35% peserta didik telah meningkat keaktifannya dalam mengikuti proses belajar mengajar. Berdasarkan dari penelitian ini, pemanfaatan multimedia dalam proses belajar mengajar dapat dikatakan layak sebagai media penyampaian materi ajar dalam mata pelajaran pemrograman mikrokontroller, karena multimedia ini dapat menyajikan secara terintegrasi antara audio, video, teks, grafik, dan animasi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik sehingga dapat membantu dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik dan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, keaktifan siswa, multimedia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2013 11:52
Last Modified: 07 Nov 2013 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18874

Actions (login required)

View Item View Item