PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN GOGONJAKAN DI SMA NEGERI 1 JUNGIAN KABUPATEN BREBES


Ade Ivan Mustaghfirin, 2503407064 (2013) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN GOGONJAKAN DI SMA NEGERI 1 JUNGIAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN GOGONJAKAN DI SMA NEGERI 1 TANJUNG KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN GOGONJAKAN DI SMA NEGERI 1 TANJUNG KABUPATEN BREBES)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler kesenian Gogonjakan di SMA Negeri 1 Tanjung yang merupakan kesenian dari daerah Jawa Barat yang mengalami perubahan isi dan alat musik pengiringnya karena adanya percampuran budaya antara jawa dan sunda. Kesenian Gogonjakandimainkan dengan tiga unsur kesenian, yaitu seni musik, drama dan tari serta tiga unsur bahasa yaitu bahasa Sunda, Jawa Cirebon-an dan Indonesia, kegiatan ekstrakurikuler kesenian Gogonjakan inipun belum pernah diadakan di sekolah lain. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana pembelajaran ekstrakurikuler kesenian Gogonjakan di SMA Negeri 1 Tanjung dan proses pembelajarannya meliputi; mengetahui sikap siswa, prestasi siswa dan minat siswa terhadap ekstrakurikuler kesenian Gogonjakan. Penelitian yang dilakukan mempunyai dua manfaat yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang mempunyai sifat deskriptif yaitu permasalahan yang dibahas dilakukan dengan cara menggambarkan/menguraikan hal-hal yang berhubungan dengan suatu keadaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data dengan cara triangulasi Hasil penelitian adalah: (1) persiapan proses pembelajaran ekstrakurikuler kesenian Gogonjakan meliputi persiapan materi dan bahan aar yang akan disampaikan kepada siswa (2) pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran yang mencakup tiga tahapan yaitu: tahap awal, tahap isi dan tahap akhir (3) evaluasi pembelajaran minat siswa mengikuti pembelajaran ekstrakurikuler Gogonjakan, meliputi aspek kepekaan dan aspek sikap (4) Tindak lanjut tentang pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran ekstrakurikuler Gogonjakan yang telah disampaikan.Komponen-komponen yang mempengaruhi pembelajaran ekstrakurikuler Gogonjakan, alat yang digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler Gogonjakan, metode yang dipakai dalam pembelajaran ekstrakurikuler Gogonjakan, sikap guru, sikap siswa dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran ekstrakurikuler Gogonjakan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, saran yang dapat dikemukakan adalah: (1) sekolah menyediakan ruang kesenian tersendiri, agar alat-alatnya pun bisa terjaga dengan baik; (2) ruang Gogonjakan di desain dengan rapi dan indah, sehingga siswa tertarik dan nyaman saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Gogonjakan; (3) sekolah menyediakan kostum khusus untuk para siswa yang memainkan ekstrakurikuler Gogonjakan agar terlihat bagus dan menarik dari segi penampilannya saat pementasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesenian Gogonjakan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:44
Last Modified: 07 Nov 2013 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item