KESULITAN PELAFALAN HURUF HIJAIYYAH YANG TIDAK TERDAPAT DI HURUF INDONESIA PADA MASYARAKAT SARADAN WONOGIRI


Ifnani Ifka, 2701409011 (2013) KESULITAN PELAFALAN HURUF HIJAIYYAH YANG TIDAK TERDAPAT DI HURUF INDONESIA PADA MASYARAKAT SARADAN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESULITAN PELAFALAN HURUF HIJAIYYAH YANG TIDAK TERDAPAT DI HURUF INDONESIA PADA MASYARAKAT SARADAN WONOGIRI]
Preview
PDF (KESULITAN PELAFALAN HURUF HIJAIYYAH YANG TIDAK TERDAPAT DI HURUF INDONESIA PADA MASYARAKAT SARADAN WONOGIRI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelafalan masyarakat Desa Saradan, Baturetno Wonogiri yang berkaitan dengan fonologi dan semantik, sehingga tidak mungkin fonologi terlepas dari semantik, begitupula sebaliknya. Dalam pelafalan bacaan Arab yang baik tentunya tidak luput dari ilmu bunyi yang dalam bahasa Arab diistilahkan dengan ilmu al-ashwat, yaitu ilmu yang mempelajari tentang pembentukan, perpindahan dan penerimaan bunyi bahasa. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pelafalan huruf hijaiyyah pada masyarakat Saradan Wonogiri? (2) Apa saja faktor penyebab kesulitan pelafalan dan apa upaya masyarakat dalam mengatasi problem pelafalan tersebut? (3) Bagaimana perubahan makna yang terjadi akibat kesalahan pelafalan?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan kesulitan pelafalan huruf hijaiyyah pada masyarakat Saradan Wonogiri (2) Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan pelafalan huruf hijaiyyah dan upaya masyarakat dalam mengatasi kesulitan pelafalan agar menjadi lebih baik dan benar (3) Mendeskripsikan makna kalimat bahasa Arab yang sesuai atau tidak sesuai dengan artikulasi bahasa Arab yang diucapkan oleh masyarakat Saradan Wonogiri. Penelitian tentang pelafalan huruf hijaiyyah ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan masyarakat Desa Saradan. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Saradan. Melalui penelitian ini peneliti menemukan 53 kata yang mengalami perubahan bunyi pada masayarakat Desa Saradan. Dengan rincian sebagai berikut: 3 perubahan kata dari huruf ص menjadi س, 1 perubahan kata dari huruf عmenjadi ح, 12 perubahan kata dari huruf حmenjadi ك , 2 perubahan kata dari huruf ح menjadi ه, 7 perubahan kata dari huruf خ menjadi /ko/, 1 perubahan kata dari huruf ق menjadi ك, 1 perubahan kata dari huruf ت menjadi ز, 2 perubahan kata dari huruf ذ menjadi ز, 1 perubahan kata dari huruf ر menjadi ل, 2 perubahan kata dari huruf ا menjadi nga, 17 perubahan kata dari huruf ع menjadi nga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fonologi, Huruf Hijaiyyah, Huruf Indonesia.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:04
Last Modified: 07 Nov 2013 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18860

Actions (login required)

View Item View Item