PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBENTUK ADVENTURE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN


Arif Rahman Hakim, 4401408071 (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBENTUK ADVENTURE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBENTUK ADVENTURE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBENTUK ADVENTURE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN)
Download (11MB) | Preview

Abstract

Materi sistem pencernaan merupakan materi yang sulit dipelajari apabila tidak menggunakan media yang efektif dan menarik, karena siswa sulit menggambarkan proses yang terjadi dalam sistem pencernaan. Di samping itu adanya pendidikan karakter yang menuntut adanya pengembangan karakter siswa pada setiap pembelajaran. Sementara itu, sebagian besar siswa menyukai bermain video game daripada membaca buku pelajaran. Walapun sebagian besar orang menyadari video game memiliki dampak buruk tersendiri namun di sisi lain video game dapat dijadikan sarana pembelajaran yang menantang dan menyenangkan serta dapat meningkatkan kemampuan membaca, berpikir kritif dan kreativitas. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan mengembangkan multimedia pembelajaran game edukasi berbentuk adventure berbasis pendidikan karakter pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan langkah-langkah: 1) mencari potensi dan masalah, 2) mengumpulan data, 3) mendesain produk, 4) validasi desain oleh ahli media dan ahli materi, 5) merevisi desain, 6) uji coba skala terbatas pada 20 siswa kelas VIII1 di SMP N 1 Wonopringgo, 7) merevisi desain, 8) uji coba skala luas pada 55 siswa kelas VIIIA dan VIIIC di SMP N 21 Semarang, 9) merevisi produk, 10) memproduksi massal. Data kelayakan media diperoleh dari pakar media dan materi serta guru dan siswa. Data keefektifan media diperoleh dari hasil belajar siswa. Data nilai karakter siswa diperoleh dari tes, penugasan dan angket. Hasil analisis kelayakan media menunjukan bahwa media layak digunakan ditunjukkan dari, penilaian oleh ahli media dan ahli materi memperoleh kriteria layak. Semua guru dan siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat baik dan baik. Analisis hasil belajar menunjukan 85,45%siswa memperoleh hasil belajar diatas KKM (80). Hasil analisis karakter siswa menunjukan lebih dari 75% siswa memiliki skor karakter yang tinggi pada masing-masing karakter. Simpulan dari penelitian ini adalah multimedia game edukasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Multimedia Pembelajaran, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:06
Last Modified: 07 Nov 2013 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18856

Actions (login required)

View Item View Item