HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR SWASTA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PEMALANG


Atika Ristanti, 4401408067 (2013) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR SWASTA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR SWASTA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PEMALANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR SWASTA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PEMALANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 1 Pemalang merupakan sekolah RSBI di Kabupaten Pemalang. Hasil observasi pada 80 siswa kelas XII IPA diketahui bahwa 78 siswa menyatakan berat dengan nilai KKM biologi yang ditentukan sekolah, diketahui pula terdapat 42 siswa mengikuti bimbingan belajar swasta selain sekolah serta terdapat 38 siswa hanya mengikuti bimbingan belajar di sekolah. Alasan siswa mengikuti bimbingan belajar dari berbagai lembaga bimbingan belajar swasta selain sekolah, diantaranya agar bisa berprestasi lebih baik di sekolah dan sebagai tuntutan akademis sehingga dapat mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan kegiatan bimbingan belajar swasta dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pemalang tahun ajaran 2012/2013. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sample, yaitu siswa kelas XII IPA 1 sampai XII IPA 5 yang berjumlah 195 siswa. Data penelitian meliputi data kegiatan bimbingan belajar swasta dan motivasi belajar yang diperoleh dari skala motivasi belajar siswa, data motivasi siswa mengikuti bimbingan belajar swasta diperoleh dari hasil wawancara serta hasil belajar dari guru. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti bimbingan belajar swasta selain sekolah lebih banyak (60.5%) daripada siswa yang hanya mengikuti bimbingan belajar di sekolah (39.5%). Ada hubungan antara kegiatan bimbingan belajar swasta dan hasil belajar siswa (r=0.148) dengan kriteria sangat rendah. Peranan kegiatan bimbingan belajar swasta terhadap hasil belajar sebesar 2%. Terdapat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa (r=0.249) dengan kriteria rendah. Motivasi belajar memberikan peranan terhadap hasil belajar sebesar 6%. Kegiatan bimbingan belajar swasta dan motivasi belajar menunjukkan adanya hubungan terhadap hasil belajar siswa (r=0.284) dengan kriteria rendah. Kegiatan bimbingan belajar swasta dan motivasi belajar memberikan peranan sebesar 8.1% terhadap hasil belajar. Ada hubungan antara kegiatan bimbingan belajar swasta dan motivasi belajar terhadap hasil belajar di SMA Negeri 1 Pemalang. Proses bimbingan belajar dari sekolah cukup untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar; hasil belajar; motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:06
Last Modified: 07 Nov 2013 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18855

Actions (login required)

View Item View Item