KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGACU PADA MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP N 21 SEMARANG


Soviana Nur Savitri, 4101409029 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGACU PADA MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP N 21 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGACU PADA MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP N 21 SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGACU PADA MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP N 21 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, guru selalu menuntut siswa untuk menyelesaikan masalah, tetapi jarang mengajarkan bagaimana siswa seharusnya menyelesaikan masalah. Kemampuan memecahkan masalah ini akan dimiliki siswa apabila guru mengajarkan dan menstimulus kemampuan siswa untuk dapat menyelesaikan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipiilih yaitu Missouri Mathematics Project (MMP). Model pembelajaran ini difokuskan pada bagaimana perilaku guru berdampak pada prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika mengacu pada MMP tuntas secara klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran ekspositori, serta rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP lebih tinggi dari rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 21 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Dengan cluster random sampling terpilih sampel siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran ekspositori. Data penelitian ini berupa data kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh dengan metode tes dan data aktivitas siswa yang diperoleh dengan metode observasi. Data tersebut dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP tuntas secara klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran ekspositori, dan rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP lebih tinggi dari rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran ekspositori. Jadi, pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP efektif. Saran untuk penelitian ini adalah agar pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, pengelolaan kelas diperhatikan terlebih saat diskusi kelompok (pada langkah latihan terkontrol) agar tidak menimbulkan kegaduhan, serta perlu diadakan penelitian lanjutan sebagai pengembangan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kemampuan Pemecahan Masalah, Missouri Mathematics Project.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:07
Last Modified: 07 Nov 2013 17:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18822

Actions (login required)

View Item View Item