UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI PEMANFAATAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013
Akhmad Yanuar Azhar, 3101406019 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI PEMANFAATAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI PEMANFAATAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pelajaran IPS Sejarah yang dipelajari di sekolah sering dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak menarik.Penyebab dari semua itu dikarenakan proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, guru dituntut berperan aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan dalam menyampaikan materi saat pembelajaran serta pemilihan evaluasi yang tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja, sehingga dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswanya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui pemanfaatan museum ranggawarsita pembelajaran IPS Sejarah dapat meningkatkan hasil belajar kelas VII D SMP Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 33 siswa. Siswa yang dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapat nilai sama dengan atau lebih 71 dan ketuntasan klasikal mencapai 80% dari jumlah siswa yang ada di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan museum ranggawarsita sebagai sumber belajardapat meningkatkan hasil belajar pelajaran sejarah siswa kelas VII D. Melalui analisis data diperoleh bahwa hasil belajar sejarah siswa kelas VII Dsebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 65,15 dengan persentase ketuntasan klasikal 9,09%. Pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata 72,73 dengan persentase ketuntasan klasikal 57,58%. Jadi ada peningkatan persentase ketuntasan belajar yangmengalami kenaikkan sebesar 48,49%. Pada siklus I nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal sudah meningkat tetapi belum mencapai indikator, sehingga perlu diadakan siklus II. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata meningkat menjadi 75,91. Persentase ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 18,7% dari 57,58% pada siklus II menjadi 84,85%. Berdasarkan observasi, penelitian, pembahasan serta analisis data yang akan diuraikanpada skripsi ini, dapat disimpulkan bahwa pelajaranIPS Sejarah melalui pemanfaatan museum ranggawarsita sebagai sumber belajardapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP N 13Semarang. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menerapkan pembelajaran IPS Sejarah dengan pemanfaatan Museum Ranggawarsita sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa, menciptakan pembelajaran yang tidak hanya terpaku pada pengetahuan fakta-fakta IPS Sejarah saja, menjadikan pembelajaran lebih efekif, menyenangkan, serta hendaknya guru melatih siswa untuk lebih aktif lagi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pemanfaatan Museum Ranggawarsita, Sumber Belajar |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2013 00:00 |
Last Modified: | 07 Nov 2013 00:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18813 |
Actions (login required)
View Item |