PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 GUNUNGJAYA, BELIK PEMALANG


Helmy Aziz, 1402408093 (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 GUNUNGJAYA, BELIK PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 GUNUNGJAYA, BELIK PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 GUNUNGJAYA, BELIK PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan perolehan hasil nilai rata-rata pembelajaran Bahasa Indonesia semester II materi puisi pada Tahun Pelajaran 2010/2011 adalah 60, sedangkan KKM adalah 62. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas III SD Negeri 05 Gunungjaya perlu digunakan media pembelajaran yaitu media gambar. Permasalahan yang dibahas yaitu bagaimana peningkatan hasil dan proses belajar siswa dalam menulis puisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil dan proses belajar siswa kelas III SD Negeri 05 Gunungjaya dalam menulis puisi setelah menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 05 Gunungjaya. Media gambar yang digunakan guru pada pembelajaran siklus I yaitu media gambar dalam bentuk gambar banner dengan ukuran 80 cm x 60 cm, pada siklus II dengan bantuan LCD Proyector. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes esai, sedangkan teknik nontes berupa observasi dan performansi guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dikoreksi dengan membandingkan hasil tes siklus I dan II. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah nilai rata-rata ≥ 62, persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75%, perolehan nilai hasil observasi pada masing-masing aspek (tanggung jawab, perhatian, dan keberanian) ≥ 65, dan skor perolehan performansi guru ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan II. Hasil tersebut baik hasil tes maupun nontes. Dari hasil tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata menulis puisi dengan menggunakan media gambar pada siklus I 68,41 dengan tuntas klasikal 87% dan pada siklus II naik menjadi 73,27 dengan tuntas klasikal 100%. Perubahan perilaku siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan yang ditunjukkan dari hasil observasi pada masing-masing aspek. Pada aspek tanggung jawab siklus I 150 dan siklus II 153, aspek perhatian siswa siklus I 153 dan siklus II 155, aspek keberanian siklus I 119 dan siklus II 122. Performansi guru dalam menyusun RPP dan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan. Performansi guru dalam menyusun RPP pada siklus I 80 dan siklus II 89 sedangkan performansi guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 85 dan siklus II 91. Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Menulis Puisi, Media Gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:14
Last Modified: 10 May 2014 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18811

Actions (login required)

View Item View Item