PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 PEGIRINGAN KABUPATEN PEMALANG


Rizal Teguh Sasongko, 1402408089 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 PEGIRINGAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 PEGIRINGAN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 PEGIRINGAN KABUPATEN PEMALANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi globalisasi siswa kelas IV SD Negeri 03 Pegiringan Kabupaten Pemalang pada tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah. Dilihat dari data hasil belajar tahun pelajaran 2010/2011 didapatkan bahwa dari 38 siswa yang mendapat nilai di atas KKM yaitu 70 hanya 18 siswa, sementara 20 siswa mendapat nilai dibawah KKM. Hal ini terjadi karena dalam penyampaian materi pelajaran guru menekankan pada pengetahuan untuk dihafalkan. Metode pembelajaran yang digunakan guru lebih didominasi dengan metode ceramah. Siswa lebih banyak duduk diam, serta diberikan tugas saja pada saat pembelajaran berlangsung. Akibatnya siswa cenderung bosan terhadap pembelajaran. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Langkah yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan mengganti model pembelajaran yang digunakan yang lebih menitik beratkan pada keaktifan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Pegiringan Kabupaten Pemalang”. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 03 Pegiringan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif, pengamatan aktivitas belajar siswa, serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa minimal 75, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, persentase keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan skor performansi guru minimal B (71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 71,08 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,27%, persentase aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 69,11%, dan nilai performansi guru 76 (B). Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 78,11 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,49%, aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran 78,10%, dan nilai performansi guru 85,04 (AB). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:14
Last Modified: 10 May 2014 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item View Item