PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN NGALIYAN 01 SEMARANG


Sarwo Edi Prasojo, 1402408073 (2012) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN NGALIYAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN NGALIYAN 01 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Ngaliyan 01 Semarang dalam pembelajaran IPA antara lain: guru kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif, proses pembelajaran hanya sebatas pada penanaman konsep saja, siswa kurang dilibatkan pada proses pembelajaran, penggunaan lingkungan sebagai media belajar sangat jarang dilakukan, sehingga siswa kurang aktif karena rasa keingin tahuan siswa kurang yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah dengan menggunakan metode eksperimen berbasis lingkungan dalam pelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru? (2) Apakah dengan menggunakan metode eksperimen berbasis lingkungan dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas siswa? (3) Apakah dengan menggunakan metode eksperimen berbasis lingkungan dalam pembelajaran IPA hasil belajar siswa akan meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode eksperimen berbasis lingkungan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, siklus pertama dan kedua terdiri dua kali pertemuan, dan siklus ketiga terdiri satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 37 siswa kelas IV SDN Ngaliyan 01. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapat 25 kategori cukup, siklus II mendapat 35,5 kategori baik, sedangkan pada siklus III mendapat 41 kategori sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Siklus I aktivitas siswa mendapat 18,45 kategori cukup, siklus II mendapat 22,6 kategori baik, sedangkan pada siklus III mendapat 25,2 kategori baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada data awal 46%. Rerata siklus I meningkat menjadi 65%, rerata siklus II meningkat menjadi 78%, dan siklus III juga meningkat menjadi 89%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen berbasis lingkungan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngaliyan 01. Seorang guru harus pandai-pandai memilih dan meramu berbagai metode dan media pembelajaran sehingga tercapai efektifitas pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen berbasis lingkungan, kualitas pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:16
Last Modified: 12 May 2014 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18808

Actions (login required)

View Item View Item