HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA BAGIAN GILING ROKOK DI PT NOJORONO KUDUS


Febry Candra Adityana, 6450408087 (2013) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA BAGIAN GILING ROKOK DI PT NOJORONO KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA BAGIAN GILING ROKOK DI PT NOJORONO KUDUS]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA BAGIAN GILING ROKOK DI PT NOJORONO KUDUS)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam kondisi perkembangan pembangunan kearah industrialisasi dan pesaingan pasar yang semakin ketat, sangat diperlukan tenaga kerja yang sehat dan produktif. Tenaga kerja memiliki peranan dan kedudukan yang sangat penting sebagai pelaku dan tujuan pembangunan karena dituntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai produktivitas yang tinggi. Salah satu dari faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas tinggi adalah Status Gizi dan Motivasi Kerja. Dengan adanya Status Gizi dan Motivasi Kerja yang baik tenaga kerja mampu meningkatkan kesejahteraan dan daya saing di era globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui hubungan antara Status Gizi dan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Tenaga Kerja Wanita Bagian Giling Rokok di PT Nojorono Kudus. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja yang ada pada bagian Giling rokok di PT Nojorono Kudus. Teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive sampling dan menggunakan rumus Stanlay Lemeslow sehingga didapatkan jumlah sampel 69 pekerja sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Instrumen dalam penelitian ini adalah pengukuran Status Gizi dengan menggunakan microtois, timbangan injak, dan pengisian kuesioner Motivasi Kerja. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji Chi-Square dengan α= 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara Status Gizi dengan Produktivitas Kerja (p-value 0,003) serta nilai kolerasi r = 0,333 yang berarti ada hubungan rendah dan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja (p-value 0,002) serta nilai kolerasi r = 0,345 yang berarti ada hubungan rendah. Saran yang diberikan kepada Pimpinan PT Nojorono Kudus adalah hendaknya dilakukan upaya untuk memelihara dan meningkatkan status gizi kerja dengan tidak mengganti jatah makan tambahan dengan uang sehingga program gizi kerja dapat tercapai serta peningkatan motivasi kerja untuk memperoleh produktivitas yang tinggi, yaitu dengan peningkatan kualitas pengawasan dan pembayaran atau gaji serta memberikan penilaian work performance indikator secara rutin bagi karyawan sehingga dapat meningkatkan motivasi dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Motivasi Kerja, Produktivitas Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:22
Last Modified: 07 Nov 2013 17:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18790

Actions (login required)

View Item View Item