PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS I JURUSAN AKUNTANSI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG
Asti Wahyuni , 3301403039 (2007) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS I JURUSAN AKUNTANSI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS I JURUSAN AKUNTANSI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor diantaranya adalah motivasi belajar dan metode pembelajaran. Motivasi yang rendah dapat menimbulkan rasa malas dalam mengikuti pelajaran, serta metode pembelajaran yang kurang bervariasi akan terasa monoton sehingga siswa menjadi bosan. Untuk dapat mengetahui pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran maka diperlukan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas I jurusan akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang? (2) Apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas I jurusan akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang? (3) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas I jurusan akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang? Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas I jurusan akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang? (2) mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas I jurusan akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang? (3) mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas I jurusan akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang? Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I jurusan akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang sebanyak 118 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Pengambilan sampel yang berjumlah 54 siswa dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: motivasi belajar, metode pembelajaran dan prestasi belajar akuntansi. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data diambil melalui angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil regresi berganda diperoleh model regresi Y = 4,442 + 0,034X1 + 0,037X2. Uji keberartian persamaan regresi dengan menggunakan uji F, diperoleh Fhitung = 168,554 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Besarnya pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas I jurusan akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang mencapai 86,9%. Berdasarkan uji parsial diperoleh thitung variabel motivasi belajar sebesar 7,335 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, sedangkan kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 51,3%. Hasil uji parsial metode pembelajaran diperoleh thitung sebesar 6,958 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi, kontribusi metode pembelajaran terhadap prestasi belajar sebesar 46,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi secara bersama-sama dan parsial. Oleh karena itu peneliti menyarankan guru memberikan penugasan lebih agar siswa lebih bertanggungjawab untuk belajar untuk menunjang kemandirian dalam belajar. Serta guru hendaknya lebih meningkatkan kemampuan keprofesionalannya dalam menyampaikan materi dengan metode yang lebih efektif untuk menunjang keberanian siswa untuk bertanya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 08:00 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1878 |
Actions (login required)
View Item |