KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FRASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 SEMARANG


Amalia Ayu Sari, 2601409047 (2013) KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FRASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FRASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 SEMARANG]
Preview
PDF (KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FRASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 SEMARANG)
Download (215kB) | Preview

Abstract

Para siswa di SMP Negeri 30 Semarang terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari- hari. Hal tersebut mengakibatkan banyak terjadi kesalahan berbahasa yang dilakukan siswa ketika menulis karangan bahasa Jawa. Kesalahan berbahasa yang dilakukan salah satunya adalah pada tataran frasa. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apa sajakah wujud kesalahan berbahasa dalam bidang frasa yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang dalam menulis karangan? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui wujud kesalahan berbahasa dalam bidang frasa pada karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teoretis dan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan analisis kesalahan berbahasa dan pendekatan metodologis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kalimat dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang yang diduga mengandung kesalahan berbahasa pada tataran frasa, sedangkan sumber datanya berasal dari karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan teknik catat. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik pilah dan penggolongan. Hasil analisisnya dipaparkan menggunakan teknik informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada menulis karangan berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang ditemukan kesalahan berbahasa Jawa tataran frasa. Kesalahan berbahasa yang ditemukan yaitu kesalahan berbahasa yang disebabkan oleh kesalahan struktur frasa, salah karena berlebihan, penggunaan preposisi yang tidak tepat, salah pengulangan, penambahan kata tertentu pada frasa yang unsurnya tidak terpisahkan, dan penghilangan kata tertentu yang menghubungkan bagian-bagian frasa. Penambahan kata tertentu pada frasa yang unsurnya tidak terpisahkan meliputi (1) penambahan kata saka ‘dari’ atau ngenani ‘tentang’ dalam frasa nomina (N+N), (2) penambahan kata kanggo ‘untuk’ atau sing ‘yang’ dalam frasa nomina (N+V). Penghilangan kata tertentu yang menghubungkan bagian-bagian frasa meliputi (1) penghilangan kata sing ‘yang’ dalam frasa nomina (N+sing+Vpasif), (2) penghilangan kata sing ‘yang’ dalam frasa adjektiva (sing+paling+Adj), (3) penggantian kata tinimbang ‘daripada’ dengan kata saka ‘dari’ dalam frasa adjektiva (lebih+Adj+tinimbang+N). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan para siswa mulai membiasakan diri menggunakan bahasa Jawa dalam percakapan sehari-hari. Hal tersebut dimaksudkan agar siswa mampu menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar. Selain itu, guru bahasa Jawa hendaknya memperhatikan kesalahan berbahasa Jawa yang dilakukan siswa kemudian dianalisis dan diklasifikasikan jenis-jenis kesalahannya, dicarikan penyebab kesalahannya dan ditetapkan cara memperbaikinya. Hal tersebut dimaksudkan agar siswa mengetahui kesalahan yang dilakukan dan mengetahui cara pembetulannya. Dengan demikian siswa tidak kembali melakukan kesalahan yang sama. Untuk peneliti bidang bahasa diharapkan dapat menganalisis kesalahan berbahasa pada tataran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Berbahasa tataran frasa, karangan siswa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:25
Last Modified: 07 Nov 2013 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18776

Actions (login required)

View Item View Item