PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI PENGEMBANGAN INTELIGENSI MAJEMUK SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMA
Mariana Dewi, 4401408066 (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI PENGEMBANGAN INTELIGENSI MAJEMUK SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI PENGEMBANGAN INTELIGENSI MAJEMUK SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMA)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Perangkat pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran Biologi, namun banyak perangkat pembelajaran yang digunakan saat ini belum sesuai dengan karakteristik inteligensi siswa. Konsep inteligensi majemuk sesuai dengan kebijakan pendidikaan saat ini yang cenderung menitikberatkan pada proses belajar yang memenuhi kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mengoptimasi kecerdasan siswa dan menguji pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa materi sel kelas XI SMA. Penelitian ini mengikuti langkah penelitian pengembangan, yaitu menganalisis kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pengembangan inteligensi majemuk; mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi pengembangan inteligensi majemuk; dan menguji pengaruh perangkat pembelajaran berorientasi inteligensi majemuk terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Demak pada semester gasal tahun pelajaran 2012/2013. Uji pengaruh perangkat pembelajaran terhadap hasil belajar menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik convenience sampling, dengan kelas XI IPA 6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 7 sebagai kelompok kontrol. Data hasilbelajar berupa skor posttest, skor afektif, skor psikomotorik, dan skor penugasan. Data-data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi pengembangan inteligensi majemuk perlu dikembangkan; perangkat pembelajaran berorientasi pengembangan inteligensi majemuk dikembangkan melalui tahapan identifikasi masalah dan potensi, mengumpulkan data dan mendesain perangkat pembelajaran, validasi perangkat pembelajaran, revisi, uji coba skala kecil, revisi, uji coba skala pemakaian, revisi, dan menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi pengembangan inteligensi majemuk jadi; perangkat pembelajaran berorientasi pengembangan inteligensi majemuk layak digunakan dengan skor validasi 95,23; dan uji Mann-Whitney menunjukkan perangkat pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap skor post test dan afektif (α < 0,05) serta uji korelasi Rank-Spearman menunjukkan adanya korelasi nyata antara perangkat pembelajaran dengan skor psikomotor siswa (ta > ttabel). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi inteligensi majemuk berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, inteligensi majemuk, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 10:19 |
Last Modified: | 06 Nov 2013 10:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18745 |
Actions (login required)
View Item |