PEMBELAJARAN SENIMUSIK DI SMABERBASISACTION LEARNING (Studi Kasus di SMANegeri 1 Ngawi)


Rahajeng CahyaWidyani, 2503408040 (2013) PEMBELAJARAN SENIMUSIK DI SMABERBASISACTION LEARNING (Studi Kasus di SMANegeri 1 Ngawi). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENIMUSIK DI SMABERBASISACTION LEARNING (Studi Kasus di SMANegeri 1 Ngawi)]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SENIMUSIK DI SMABERBASISACTION LEARNING (Studi Kasus di SMANegeri 1 Ngawi))
Download (4MB) | Preview

Abstract

Upaya untuk memberikan pengalaman estetika kepada siswa merupakan salah satu tujuan pembelajaran seni musik di sekolah umum. Salah satunya melalui pendekatan Action Learning. Oleh karena itu permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni musik berbasis action learning di SMA Negeri 1 Ngawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai, (1) bagaimana perencanaan pembelajaran seni musik berbasis action learning di SMA Negeri 1 Ngawi, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni musik berbasis action learning di SMA Negeri 1 Ngawi, (3) bagaimana penilaian dalam pembelajaran seni musik berbasi action learning di SMA Negeri 1 Ngawi, dan (3) kendala-kendala dalam pembelajaran seni musik berbasis action learning di SMA Negeri 1 Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, data, dan metode. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan prosedur analisis pendekatan kualitatif yang meliputi reduksi data, kualifikasi data, penafsiran data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Setelah melalui proses analisis, kemudian data yang sudah jadi dideskripsikan secara kualitatif untuk mendapatkan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni musik berbasis action learning di SMA Negeri 1 Ngawi telah dilakukan oleh guru. Hal tersebut tercermin dalam pelaksanaan pembelajaran dan dievaluasi. Sedangkan dalam pelaksanaannya terdapat ketidaksesuaian antara RPP dengan pelaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan sebagai berikut: (1) Saran dari peneliti bagi guru, dalam hal perencanaan hendaknya disesuaikan dengan pelaksanaan agar pembelajaran tampak terprogram dengan baik, dalam hal pelaksanaan guru sebaiknya memaksimalkan semua pendekatan dengan aktivitas musikal dalam pembelajaran seni musik, dalam hal penilaian, hendaknya guru lebih terperinci dalam membuat kriteria penilaian agar tampak terlihat tercapai atau tidaknya indikator pembelajaran, (2) Bagi siswa, hendaknya mencoba semua aktivitas musikal untuk menambah pemahaman mengenai musik, mengembangkan keterampilan musik, dan sebagai aktualisasi diri secara positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Action Learning, Pembelajaran Seni Musik
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:34
Last Modified: 07 Nov 2013 17:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18728

Actions (login required)

View Item View Item