MEMBANGUN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAWA PADA ANAK USIA DINI DI KOTA PATI


Ernita Lusiana, 1601408017 (2012) MEMBANGUN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAWA PADA ANAK USIA DINI DI KOTA PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MEMBANGUN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAWA PADA ANAK USIA DINI DI KOTA PATI]
Preview
PDF (MEMBANGUN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAWA PADA ANAK USIA DINI DI KOTA PATI)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data-data tentang tingkat korupsi di Indonesia, persoalan korupsi menjadi permasalahan besar yang harus diselesaikan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui pendidikan karakter. Ada salah satu nilai yang paling penting untuk membangun karakter anti korupsi yaitu nilai kejujuran. Penanaman pondasi karakter kejujuran harus ditanamkan sejak usia dini. Salah satu media yang tepat digunakan dalam implementasi pendidikan membangun karakter kejujuran adalah melalui metode bermain. Permainan yang bisa digunakan adalah permainan tradisional anak yang sudah cukup lama berkembang di negeri ini yang sarat dengan nilai budaya bangsa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan karakter kejujuran antara siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen sesudah menggunakan permainan tradisional jawa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini harus homogen, yaitu lembaga dari satu yayasan, berusia 5-6 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, terambil dua sampel yaitu TK Pertiwi 03 Pati sebagai kelompok eksperimen dengan siswa jumlah 17 anak dan TK Pertiwi 01 Pati sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 17 anak. Analisis perhitungan t test posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol menghasilkan nilai Nilai thitung sebesar 3,489 > ttabel sebesar 2,120. Nilai sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,01 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata atau Mean nilai posttest meningkat dari 40.1176 menjadi 46.0588. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman karakter kejujuran pada pretest dan posttest kelompok eksperimen, serta tidak ada perbedaan pemahaman karakter kejujuran pada pretest dan posttest pada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa permainan tradisional efektif digunakan untuk membangun pemahaman karakter kejujuran pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Karakter Kejujuran, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:11
Last Modified: 19 May 2014 10:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18700

Actions (login required)

View Item View Item