Penerapan Jurnal Belajar sebagai Strategi Berpikir Metakognitif pada Materi Sistem Imunitas terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kajen


Kikie Septiyana, 440140804 (2012) Penerapan Jurnal Belajar sebagai Strategi Berpikir Metakognitif pada Materi Sistem Imunitas terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kajen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Jurnal Belajar sebagai Strategi Berpikir Metakognitif pada Materi Sistem Imunitas terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kajen]
Preview
PDF (Penerapan Jurnal Belajar sebagai Strategi Berpikir Metakognitif pada Materi Sistem Imunitas terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kajen)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sistem imunitas di SMA Negeri 1 Kajen hanya sekedar membaca buku dan menghafal. Tepatnya sebatas keterampilan memori jangka pendek sehingga siswa hanya mampu berpikir tingkat rendah. Strategi berpikir metakognitif merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui proses refleksi. Secara teoritis jurnal belajar merupakan media refleksi bagi siswa selama proses pembelajaran sehingga siswa mampu mengetahui bagaimana proses belajar yang mencakup perencanaan, pemantauan dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara jurnal belajar dan strategi berpikir metakognitif serta menguji pengaruh penerapan jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imunitas di SMA Negeri 1 Kajen. Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan pola Pre-Posttest Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah I05 siswa ( XI IPA 1 – XI IPA 4). Pengambilan sampling menggunakan teknik Convenience sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 52 siswa dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 2 (26 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan XI IPA 3 (26 siswa) sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan berupa skor jurnal belajar diperoleh melalui jurnal belajar siswa. Skor strategi berpikir metakognitif diukur melalui lembar inventori strategi berpikir metakognitif. Data hasil belajar diperoleh melalui Pots-test. Data-data tersebut dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan jurnal belajar dan strategi berpikir metakognitif mempunyai hubungan kuat antara keduanya (93,8% dan α < 0,05). Hasil uji t-test menunjukkan perbedaan nyata dari kedua kelompok dengan rataan hasil belajar siswa kelas eksperimen 77,31 lebih besar dari rataan kelas kontrol yaitu 68,5. Hasil uji regresi menunjukkan penerapan jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif memberikan pengaruh sebesar 69,9% terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan umum yang dapat diperoleh yaitu terdapat hubungan yang kuat antara jurnal belajar dan strategi berpikir metakognitif, dan penerapan jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif pada materi sistem imunitas berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Jurnal Belajar, dan Strategi Berpikir Metakognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:11
Last Modified: 19 May 2014 10:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18699

Actions (login required)

View Item View Item