UPAYA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VII A SMP N 2 DORO KABUPATEN PEKALONGAN


NYUWITO BAGUS PRAMUDYO, 2501912016 (2013) UPAYA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VII A SMP N 2 DORO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VII A SMP N 2 DORO KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (UPAYA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VII A SMP N 2 DORO KABUPATEN PEKALONGAN)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Seni Budaya di SMP Negeri 02 Doro memberlakukan pelajaran Seni Budaya Terpadu meliputi ; Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan Seni Teater yang telah dikembangkan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan mempertimbangkan ; Kompleksitas, daya dukung (guru, sarana dan prasarana), inteks siswa. Selain hal tersebut di atas, keanekaragaman bakat dan minat siswa juga merupakan salah satu alasan dalam pemberlakuan pelajaran Seni Budaya terpadu. Namun dengan banyaknya materi dan terbatasnya waktu jam tatap muka, timbul beberapa kendala yang berhubungan dengan peserta didik. Siswa merasa kesulitan terutama pada mata pelajaran Seni Tari yang jarang dipelajari pada jenjang sekolah sebelumnya sehingga menyebabkan kurangnya minat dan peran serta siswa pada proses pembelajaran. Kendala-kendala itulah yang perlu diperhatikan dan dicarikan jalan keluar oleh guru sebagai motivator, fasilitator dan evaluator dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka dapat dikaji permasalahan sebagai berikut : 1) Bagaimana upaya guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa Kelas VII A SMP Negeri 02 Doro dalam belajar seni tari ? dan 2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII A SMP Negeri 02 Doro pada pelajaran seni tari ? Bertolak dari rumusan masalah di atas, maka tujuan yang ingin dicapai sehubungan dengan tindakan yang akan diberikan adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa Kelas VII A SMP Negeri 02 Doro dalam belajar seni tari. 2) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII A SMP Negeri 02 Doro pada pelajaran seni tari. Penelitian ini akan menerapkan pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) yang terbagi dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan antara lain : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) Observasi/Evaluasi dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, maka upaya guru dengan penerapan pendekatan PAKEM yang dipadu dengan teknik Demonstrasi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya cabang seni tari dengan standar kompetensi mengekspresikan diri melalui karya seni tari khususnya pada kompetensi dasar mengeksplorasi pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok daerah setempat. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan: 1) Guru seni budaya hendaknya melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas untuk dapat memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi di sekolah masing-masing secara aktif, kreatif efektif dan penuh inovatif sehingga akan lebih menyenangkan dengan melalui penerapan pendekatan PAKEM yang dipadu dengan teknik Demonstrasi. 2) Kepada pengelola sekolah, hasil penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai dasar penentuan kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan profesi guru dan peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, minat, pembelajaran, hasil belajar, dan kinerja guru.
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:17
Last Modified: 19 May 2014 10:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18673

Actions (login required)

View Item View Item