ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT BINA AMAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK LINGKARAN


Miskatun Nuroniah, 4101406583 (2013) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT BINA AMAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK LINGKARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT BINA AMAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK LINGKARAN]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT BINA AMAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK LINGKARAN)
Download (10MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang memuat konsep-konsep yang tersusun secara hierarki, terstruktur, logis, dan sistematis. Selain itu, dalam matematika terdapat konsep prasyarat sebagai dasar untuk memahami konsep selanjutnya. Kesalahan peserta didik dalam merespon soal-soal yang diberikan guru seringkali tidak ditindaklanjuti dengan pelacakan penyebab terjadinya respon yang salah tersebut. Guru seringkali hanya menyoroti mampu tidaknya peserta didik melalui hasil akhir dari tes yang diberikan. Ketepatan butir tes yang disusun, ketepatan respon yang diberikan peserta didik dan letak kesalahan yang dilakukan peserta didik jarang sekali terlacak. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mengetahui letak kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi pokok lingkaran dengan panduan kriteria Watson, 2) mengetahui penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi pokok lingkaran, 3) mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Dalam penelitian ini sebagai sampel adalah kelas VIII Umar Bin Khaththab dan Abu Bakar ash Shidiq SMP IT Bina Amal Gunungpati, sedangkan subyek penelitian berjumlah 6 yang terdiri dari 2 peserta didik yang masing-masing berasal dari kelas atas, menengah, dan bawah yang memiliki kesalahan terbanyak dari kelompoknya. Data penelitian ini diperoleh dari skor hasil evaluasi pembelajaran materi pokok lingkaran subbab keliling dan luas lingkaran. Analisis deskriptifpersentase diberikan untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan peserta didik, sedangkan wawancara dilakukan untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik.Perhitungan rata-rata nilai untuk masing-masing soal pemecahan masalah leve multistruktural, relasional, dan abstark diperluas dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP IT Bina Amal. Berdasarkan analisis yang dilakukan, kesalahan yang paling menonjol adalah data tidak tepat (id), prosedur tidak tepat (ip) kesalahan hierarki keterampilan (shp). Kesalahan tersebut disebabkan karena beberapa hal diantaranya 1) peserta didik tidak memahami konsep pada lingkaran, 2) tidak memiliki keterampilan menyelesaikan masalah matematika, dan 3) tidak memiliki keterampilan manipulasi numerik dan operasi hitung. Sedangkan dari hasil perhitungan nilai rata-rata untuk soal pemecahan masalah level Multistruktural sebesar 32.67, relasional 32.33, dan abstrak diperluas 37.33. Dari hasil tersebut menunjukkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:45
Last Modified: 19 May 2014 10:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18668

Actions (login required)

View Item View Item