ANALISIS LITERASI ILMIAH BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI SMA


Tri Retnani Ariningrum, 440140693 (2013) ANALISIS LITERASI ILMIAH BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS LITERASI ILMIAH BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI SMA]
Preview
PDF (ANALISIS LITERASI ILMIAH BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI SMA)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Buku teks merupakan salah satu variabel penting dalam keberhasilan pembelajaran. Buku teks memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, kurikulum dan instruksi pembelajaran terutama di negara berkembang. Buku teks pelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi ilmiah siswa. Kemampuan literasi ilmiah siswa Indonesia masih berada dibawah standar PISA (Programme for International Student Assessment). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi ilmiah buku teks pelajaran Biologi SMA kelas XI berdasarkan tema literasi ilmiah dan secara khusus penelitian ini menekankan pada dimensi literasi ilmiah meliputi science as a body knowledge, science as a way thinking, science as a way of investigasting, dan science and its interaction with technology and society. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Pemilihan buku teks pelajaran biologi yang dianalisis dengan menggunakan teknik purposive sampling didapat tiga buku teks pelajaran biologi kelas XI yang digunakan di Jepara. Penentuan bab yang dianalisis pada buku menggunakan teknik random. Daftar unsur-unsur teks atau unit-unit yang dianalisis yaitu paragraf-paragraf lengkap, gambar-gambar, tabel-tabel beserta keterangannya, komentar-komentar singkat yang lengkap, pertanyaan-pertanyaan didalam dan diakhir bab, langkah-langkah laboratorium atau aktivitas langsung yang lengkap (Chiappetta & Filman 2007). Analisis data dilakukan dengan metode statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada ketiga buku dimensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan menjadi dimensi yang paling dominan muncul sebesar 44.16%. Dimensi sains sebagai jalan investigasi proporsinya lebih sedikit dari sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 35%. Sedikit sekali bagian yang menekankan dimensi sains sebagai jalan berpikir dengan rat-rata persentase sebesar 35%. Dimensi sains dan interaksinya dengan teknologi dan masyarakat muncul paling sedikit dan kurang ditekankan pada semua buku dengan jumlah rata-rata sebesar 25%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingakt literasi ilmiah buku teks pelajaran biologi SMA kelas XI yang digunakan di Kabupaten Jepara cukup baik sesuai dengan kriteria penilaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Ilmiah, Buku Teks Pelajaran Biologi SMA, Analsis Isi (Content analysis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:45
Last Modified: 19 May 2014 10:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18664

Actions (login required)

View Item View Item