PEMANFAATAN LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH DESA LINGGAPURA KECAMATAN TONJONG, BREBES


Devi Arostiyani, 2501409100 (2013) PEMANFAATAN LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH DESA LINGGAPURA KECAMATAN TONJONG, BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501409100.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional yaitu untuk mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Pendidikan karakter pada usia dini sangatlah penting, karena dengan menanamkan karakter yang kuat pada anak maka di harapkan menjadi generasi penerus bangsa yang kuat dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur Indonesia dan dapat mengatasi permasalahan kebangsaan saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan dan memberi gambaran tentang, pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pendidikan karakter dan karakter di taman kanak-kanak Aisyiyah linggapura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata. Teknik observasi, studi dokumen dan wawancara digunakan dalam proses pengumpulan data. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan pemeriksaan derajat kepercayaan data, yaitu menggunakan cara triangulasi data, dengan metode crosscheck data dan sumber data. Penelitian ini menggunakan tiga tahap dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan lagu anak-anak dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan karakter pada anak usia dini. Proses pendidikan karakter tersebut terjadi pada saat guru mengajarkan lagu anak-anak dan menjelaskan tetang isi atau makna yang terkandung dalam lagu yang sedang diajarkan. Karakter yang terdapat dalam lagu anak-anak sangat berfariasi diantaranya adalah: religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Untuk mengukur keberhasilan pendidikan karakter di TK Aisyiyah Linggapura guru mengamati perubahan sikap dan tingkah laku anak di saat ia disekolah. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang disampaikan adalah, guru dalam menjelaskan makna dari lagu harus sesuai dengan bahasa anak-anak dan memberi contoh nyata. Pendidikan karakter melalui lagu anak-anak sangat digemari oleh anak, sehingga seharusnya guru dan orangtua bekerjasama agar apa yang telah diajarkan di sekolah, di rumah orang tua dapat meneruskan pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lagu Anak-anak Sebagai Media Pendidikan
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:46
Last Modified: 19 May 2014 10:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18661

Actions (login required)

View Item View Item