USAHA PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SISWA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DI SD NEGERI 2 BOJA
Ifa Ayu Muzdalifah, 4401406023 (2013) USAHA PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SISWA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DI SD NEGERI 2 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (USAHA PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SISWA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DI SD NEGERI 2 BOJA)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Untuk memperoleh sumber daya manusia yang tangguh kondisi yang pertama kali harus diperhatikan adalah tingkat pendidikan yang didukung oleh kesehatan dan gizi anak pada usia sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi pendahuluan diketahui bahwa sebanyak 12 dari 28 siswa (44%) belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 65. Pembelajaran hanya bersumber dari buku acuan dan tidak mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Suasana pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan siswa jenuh tidak tertarik dengan pembelajaran. Selain itu berdasarkan pengamatan terhadap perilaku makan, masih terdapat siswa yang memilih makanan jajanan tidak sehat di sekolah, makanan dengan pewarna yang mencolok, tidak memperhatikan kebersihan, memilih jajanan rendah nutrisi. Padahal seperti kita ketahui intake gizi yang baik berperan penting di dalam mencapai pertumbuhan yang optimal. Diperlukan adanya pembelajaran yang memiliki keterkaitan konsep yang dipelajari dengan keadaan nyata dan perubahan sikap dari apa yang dipelajari siswa dalam mata pelajaran IPA kelas V pada materi pokok fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan. Atas dasar itulah role playing dipilih sebagai metode dalam meningkatkan pengetahuan gizi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Boja semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan observasi. Dengan indikator kinerja yaitu aktivitas siswa minimal dengan kriteria tinggi ≥ 75% dari jumlah siswa, 100% siswa tuntas belajar dengan KKM ≥ 65 dan ≥ 80% siswa mendapat nilai akhir ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,7%. Hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 100% siswa tuntas belajar (KKM ≥ 65) dengan siswa yang mendapat nilai akhir ≥ 75 sebanyak 82,76 %. Disimpulkan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan gizi siswa di SD Negeri 2 Boja. Disarankan dalam menggunakan metode ini guru dapat membimbing siswa dalam berlatih penyampaian dialog serta meningkatkan perhatian dalam mengelola kelas ketika pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | role playing, pengetahuan gizi siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 22794 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2014 10:52 |
Last Modified: | 19 May 2014 10:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18646 |
Actions (login required)
View Item |