IMPLEMENTASI PEMBELAJARAAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PERCOBAAN SEDERHANA BERBASIS BAHAN ALAM LINGKUNGAN SISWA KELAS X


Lita Lilia, 4301409039 (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PERCOBAAN SEDERHANA BERBASIS BAHAN ALAM LINGKUNGAN SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PERCOBAAN SEDERHANA BERBASIS BAHAN ALAM LINGKUNGAN SISWA KELAS X]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PERCOBAAN SEDERHANA BERBASIS BAHAN ALAM LINGKUNGAN SISWA KELAS X) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ilmu kimia bersifat eksperimen oleh karena itu, saat pembelajaran di kelas sebaiknya guru menunjukkan manfaat kimia dalam lingkungan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang menghubungkan isi pelajaran dengan situasi dunia nyata yang dialami siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar dan besarnya ketuntasan belajar materi pokok reaksi redoks di SMA Ihsaniyah Tegal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMA Ihsaniyah Tegal. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu X-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan implementasi pembelajaran kontekstual dengan strategi percobaan sederhana berbasis alam lingkungan dan X-3 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ekspositori. Desain penelitian adalah postes only control group design. Setelah pembelajaran maka dilanjutkan dengan postes pada kelas eksperimen dan kontrol. Uji statistika yang digunakan adalah uji normalitas, kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata dan ketuntasan belajar. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen 80,86 dan kelas kontrol 73,70. Pada uji hipotesis thitung (3,501) > ttabel (1,993) yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik dari kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan implementasi pembelajaran kontekstual dengan strategi percobaan sederhana berbasis alam lingkungan siswa kelas X memberikan perbedaan yang positif terhadap hasil belajar kimia materi pokok redoks kelas X semester 2 siswa SMA Ihsaniyah Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasl belajar, konsep redoks, implementasi, pembelajaran kontekstual, percobaan sederhana.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 12:14
Last Modified: 04 Nov 2013 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18634

Actions (login required)

View Item View Item