FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN IKAN DI KABUPATEN DEMAK


AMIN BUDIAWAN, 7450408082 (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN IKAN DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN IKAN DI KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN IKAN DI KABUPATEN DEMAK)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Industrialisasi memiliki peran strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi secara berkelanjutan dan meningkatkan produksi fisik masyarakat melalui perluasan lapangan usaha dan memperluas kesempatan kerja. Adapun faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja yaitu upah, modal, nilai produksi.Hal tersebut di atas, membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh upah, modal dan nilai produksi pada penyerapan tenaga kerja pada industri kecil pengolahan ikan di Kabupaten Demak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah variabel upah, modal dan nilai produksi berpengaruh pada penyerapan tenaga kerja pada industri kecil pengolahan ikandi Kabupaten Demak? Variabel manakah yang paling dominan pengaruhnya dalam penyerapan tenaga kerja pada industri kecil pengolahan ikan di Kabupaten Demak? Populasi penelitian yaitu industri kecil pengolahan ikan di Kabupaten Demak sebanyak 296 unit usaha. Jumlah sampel yang diperoleh berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan berjumlah 75 unit usaha. Data yang digunakan berupa data primer yang diambil dengan metode angket. Teknik analisis regresi berganda menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan uji hipotesis secara simultan (uji F) pada level significance 5%. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai upah berpengaruh signifikan pada penyerapan tenaga kerja, dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Nilai produksi berpengaruh signifikan pada penyerapan tenaga kerja, dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Modal berpengaruh signifikan pada penyerapan tenaga kerja, dengan nilai signifikansi sebesar 0,028. Hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) dapat diketahui bahwa upah, modal dan nilai produksi secara simultan berpengaruh signifikan pada penyerapan tenaga kerja dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil perhitungan nilai statistik dapat diketahui bahwa kemampuan upah, modal dan nilai produksi dalam menjelaskan penyerapan tenaga kerja adalah sebesar 75,8%, sedangkan sisanya sebesar 24,2 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel upah, modal dan nilai produksi secara simultan (bersama-sama) mempunyai pengaruh yang signifikan pada besarnya variabel penyerapan tenaga kerja. Faktor yang paling dominan berpengaruh pada penyerapan tenaga kerja pada industri kecil pengolahan ikan di Kabupaten Demak adalah upah tenaga kerja karena. Saran penelitian ini Pemerintah Kabupaten Demak membuka akses perolehan modal dengan mudah sehingga akan menambah hasil produksi dan dapat banyak menyerap tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upah, Modal, Nilai Produksi, Tenaga Kerja, Industri Kecil Pengolahan Ikan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 14:18
Last Modified: 19 May 2014 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item View Item