UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI BEREGU MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN BENDERA KEMENANGAN MATA PELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN 1 RAGUKLAMPITAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012


M U I D, 6102910220 (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI BEREGU MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN BENDERA KEMENANGAN MATA PELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN 1 RAGUKLAMPITAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI BEREGU MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN BENDERA KEMENANGAN MATA PELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN 1 RAGUKLAMPITAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI BEREGU MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN BENDERA KEMENANGAN MATA PELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN 1 RAGUKLAMPITAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru menunjukkan bahwa kemampuan gerak dasar di kelas IV semester 2 SD Negeri 1 Raguklampitan Batealit Jepara masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang masih banyak di bawah KKM (KKM ≥ 70). Dari 15 anak yang lulus hanya 5 anak (33 %) sedangkan 10 anak (67%) belum mencapai ketuntasan. Menurut hasil pengamatan peneliti, rendahnya kemampuan gerak dasar di kelas IV semester 2 SD Negeri 1 Raguklampitan Batealit Jepara tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu siswa terlihat kurang memperhatikan saat pelajaran berlangsung karena minat belajar yang rendah. Terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Disalah satu sisi guru dalam kegiatan pembelajaranpun kurang kreatif memodifikasi alat-alat untuk pembelajaran pendidikan jasmani. Guru belum menerapkan metode permainan yang mampu membuat anak menjadi senang yang pada akhirnya memiliki minat yang tinggi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Metode dalam penelitian ini adalah tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas IV SD Negeri 1 Raguklampitan Batealit Jepara tahun pelajaran 2011/2012 dan seorang kolaborator yaitu Tedy Nor Sholeh, S. Pd guru Penjasorkes di SD Negeri 4 Mindahan Batealit Jepara. Siswa kelas kelas IV SD Negeri 1 Raguklampitan Batealit Jepara sejumlah 15 anak. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu dengan menerapkan metode bermain bendera kemenangan ternyata dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam lari beregu. Pada siklus I penulis menerapkan metode bermain bendera kemenangan, dari 15 siswa ada 9 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan 6 siswa belum tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa langkah yang diambil pada siklus I sebagai bagian dari strategi perbaikan pembelajaran yang ditempuh telah mulai menunjukkan ada peningkatan keterampilan siswa dalam lari beregu. Pada siklus II yang dilakukan dengan menerapkan metode bermain bendera kemenangan berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam minat belajar lari beregu. Dari 15 siswa yang mencapai ketuntasan 14 siswa dan yang belum tuntas 1 siswa. . Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas dapat ditarik simpulan bahwa penerapan metode bermain bendera kemenangan berhasil meningkatkan hasil belajar lari beregu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Lari Bereguf, Metode Bermain Bendera Kemenangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:11
Last Modified: 19 May 2014 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18602

Actions (login required)

View Item View Item