PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS KOMPUTER PADA TEMA BUNYI MELALUI LESSON STUDY UNTUK KELAS VIII
Friski Herina Fitriani, 4001409014 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS KOMPUTER PADA TEMA BUNYI MELALUI LESSON STUDY UNTUK KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS KOMPUTER PADA TEMA BUNYI MELALUI LESSON STUDY UNTUK KELAS VIII)
- Published Version
Download (14MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru di SMP N 1 Taman, bahwa pembelajaran di sekolah mulai merintis untuk menggunakan pembelajaran terpadu. Penyebab belum terlaksananya pembelajaran IPA terpadu dikarenakan belum mempunyai guru bidang studi IPA terpadu. Guru IPA yang ada di SMP tersebut masih berasal dari guru IPA bidang studi tertentu, belum adanya buku ajar atau media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam memberikan pelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu mengembangkan media pembelajaran IPA terpadu berbasis komputer melalui lesson study. Kegiatan lesson study dilakukan agar pembelajaran menjadi baik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA terpadu yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D). Uji coba menggunakan media pembelajaran dilaksanakan di SMP N 1 Taman Pemalang. Data yang diambil adalah data penilaian oleh pakar media dan pakar materi, tanggapan guru, tanggapan peserta didik serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian pakar media sebesar 2,83 dengan kriteria “sangat baik”, rata-rata penilaian pakar materi sebesar 2,66 dengan kriteria “baik” dan penilaian keterpaduan semua aspek mendapat jawaban “ya” yang menunjukkan media pembelajaran dinyatakan layak. Keberterimaan media pembelajaran oleh peserta didik pada uji coba skala terbatas memperoleh kriteria “baik dan sangat baik” sebesar 93% dan pada uji coba skala luas memperoleh kriteria “baik dan sangat baik” sebesar 100%. Keberterimaan media pembelajaran oleh guru sebesar 3,19 dengan kriteria “baik”. Kegiatan lesson study yang dilakukan oleh tim ahli memperoleh skor rata-rata pada pertemuan 1 sebesar 73,6% mengalami peningkatan pada pertemuan 2 sebesar 83,9%. Hasil evaluasi peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran IPA terpadu menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 88,89% dengan nilai ≥75. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA terpadu pada tema bunyi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, IPA terpadu, lesson study, tema bunyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Nov 2013 09:45 |
Last Modified: | 04 Nov 2013 09:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18590 |
Actions (login required)
View Item |