PENINGKATAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MENGGUNAKAN MEDIA BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS IV SDN I JOMBOR KECAMATAN JUMO TEMANGGUNG


SUMARMI, 6102910182 (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MENGGUNAKAN MEDIA BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS IV SDN I JOMBOR KECAMATAN JUMO TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MENGGUNAKAN MEDIA BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS IV SDN I JOMBOR KECAMATAN JUMO TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MENGGUNAKAN MEDIA BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS IV SDN I JOMBOR KECAMATAN JUMO TEMANGGUNG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pendidikan jasmani merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia. Sarana dan prasarana merupakan salah satu bagian yang strategis dalam pencapaian tujuan. Latar belakang permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah ketidak berhaasilan suatu pembelajaran tolak peluru, dikarenakan kurangnya sarana prasarana. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media modifikasi bola plastik bisa meningkatkan minat belajar tolak peluru di kelas IV SD N I JOMBOR Obyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jombor dengan jumlah 22 siswa, terdiri dari 10 siswa putri dan 12 siswa putra. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil tes tolak peluru menggunakan media bola plastik Berdasarkan observasi pada siklus II dapat dikatakan telah mencapai peningkatan dibandingkan dengan siklus I. pada aspek afektif diperoleh perilaku siswa yang cukup baik dan baik sebanyak 100%, pada aspek kognitif diperoleh siswa denga kategori cukup baik dan baik sebesar 100% dan pada aspek psikomotor juga diperolehsiswa dengan kriteria cukup baik dan baik sebanyak 100%. Hal ini berarti perilaku siswa dalam siklus II telah mencapai tingkat yang ideal yaitu lebih dari 85% dari seluruh siswa. Pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan media bola plastik mampu meningkatkan keterampilan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata hasil penilaian pemahaman siswa (kognitif) selama siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata persentase mencapai 64% (baik). Pada siklus II persentase rata-rata mencapai 82% (baik). Kriteria peningkatan rendah (low gain). Hasil pengamatan psikomotor selama siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase rata-ratanya mencapai 55.% (baik). Pada siklus II, persentase rata-ratanya meningkat menjadi 82% (baik). Kriteria peningkatan unjuk kerja psikomotor adalah rendah (low gain). Hasil pengamatan afektif selama siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata presentase mencapai 73% (baik). Pada siklus II prensentase rata-rata mencapai 86.50% (baik). Kriteria peningkatan pengamatan afektif adalah rendah (low gain). Hasil penilaian tanggapan/respon siswa selama siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata presentase mencapai 85.33% (baik). Pada siklus II presentase rata-rata mencapai 89.08% (baik).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tolak peluru menggunakan bola plastik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:14
Last Modified: 19 May 2014 15:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18581

Actions (login required)

View Item View Item