KECEMASAN PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TERLAMBAT BICARA (Speech Delay) DI RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG


Inas Tsuraya, 1550408058 (2013) KECEMASAN PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TERLAMBAT BICARA (Speech Delay) DI RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KECEMASAN PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TERLAMBAT BICARA (Speech Delay) DI RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG]
Preview
PDF (KECEMASAN PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TERLAMBAT BICARA (Speech Delay) DI RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan seorang anak pertama kali dimulai dari lingkungan keluarga dan interaksi antara anak dengan orang tua. Awal masa kanak-kanak merupakan saat berkembang pesatnya tugas pokok dalam belajar berbicara, yaitu menambah kosakata, menguasai pengucapan kata dan menggabungkan kata-kata menjadi kalimat. Keterlambatan bicara dapat diketahui dari ketepatan penggunaan kata yang ditandai dengan pengucapan tidak jelas dan dalam berkomunikasi hanya menggunakan bahasa isyarat, sehingga orang tua maupun orang yang ada disekitarnya kurang dapat memahami anak walaupun anak sebenarnya dapat memahami apa yang dibicarakan orang. Hal ini menimbulkan kecemasan pada orang tua. Kecemasan orang tua anak terlambat bicara dapat berupa kekhawatiran atas masa depan anaknya, biaya finansial yang harus dikeluarkan, dan kerepotankerepotan lainnya merupakan beban berat yang harus dipikul. Kecemasan menurut Atkinson (1980: 212) adalah emosi tidak menyenangkan yang ditandai dengan istilah-istilah seperti kekhawatiran, keprihatinan dan rasa takut. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha mendeskripsikan secara lebih jelas tentang bagaimana kecemasan pada orang tua yang memiliki anak speech delay. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Subjek penelitian berjumlah 60 orang yang ditentukan menggunakan Incidental sampling. Kecemasan diukur dengan menggunakan skala kecemasan yang terdiri dari 50 item. Koefisien reliabilitas skala kecemasan sebesar 0,904. Uji validitas menggunakan teknik product moment dengan bantuan software statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan yang memiliki anak speech delay di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang tergolong dalam kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa orang tua sudah bisa menerima keadaan anak yang berumur lebih dari dua tahun mengalami speech delay.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Orang Tua, Speech Delay
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 16:26
Last Modified: 19 May 2014 16:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18524

Actions (login required)

View Item View Item