ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIFITAS EKSTRAK AKAR, BATANG, DAN DAUN HERBA MENIRAN (Phyllanthus ninuri) DALAM MENURUNKAN KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT


Septhi Santika Nugrahani, 6450408058 (2012) ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIFITAS EKSTRAK AKAR, BATANG, DAN DAUN HERBA MENIRAN (Phyllanthus ninuri) DALAM MENURUNKAN KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIFITAS EKSTRAK AKAR, BATANG, DAN DAUN HERBA MENIRAN (Phyllanthus ninuri) DALAM MENURUNKAN KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT]
Preview
PDF (ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIFITAS EKSTRAK AKAR, BATANG, DAN DAUN HERBA MENIRAN (Phyllanthus ninuri) DALAM MENURUNKAN KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai khasiat ekstrak meniran (Phyllanthus niruri L.) sudah sering dilakukan. Dari beberapa penelitian sebelumnya diketahui bahwa seluruh bagian dari tanaman meniran mampu menurunkan kadar glukosa darah dalam berbagai dosis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan efektifitas setiap bagian dari herba meniran yaitu akar batang dan daun dalam menurunkan kadar glukosa darah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian pre and post test control group design, menggunakan 25 ekor mencit strain balb/c yang diberi beban glukosa dan dibagi menjadi 5 kelompok I kelompok kontrol, kelompok II pemberian glibenklamid, kelompok III ekstrak akar meniran, kelompok IV ekstrak batang meniran, dan kelompok V ekstrak daun meniran. Terdapat perbedaan penurunan kadar glukosa darah antara sebelum dan setelah diberi perlakuan pada kelompok II(glibenklamid), III(ekstrak akar meniran), IV(ekstrak batang meniran) dan V (ekstrak daun meniran) dengan nilai kurang dari 0,05 (p<0,05). Analisis perbandingan antar kelompok pemberian ekstrak akar, batang, dan daun meniran dengan uji One way Anova p=0,369 tidak menunjukkan perbedaan penurunan kadar glukosa darah yang bermakna (p>0,05). Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa terdapat perbedaan penurunan kadar glukosa darah pada tiap-tiap kelompok perlakuan (Ekstrak akar, batang, dan daun meniran), akan tetapi tidak terdapat perbedaan penurunan kadar glukosa darah yang signifikan antara ekstrak akar, batang, dan daun meniran (Phyllanthus ninuri L).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kadar glukosa darah, ekstrak meniran, toleransi glukosa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:37
Last Modified: 19 May 2014 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18520

Actions (login required)

View Item View Item