PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTEK SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PRAKTEK DASAR INSTALASI LISTRIK DI KELAS X SMK NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES


Fajar Supriyatno, 5301406010 (2012) PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTEK SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PRAKTEK DASAR INSTALASI LISTRIK DI KELAS X SMK NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTEK SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PRAKTEK DASAR INSTALASI LISTRIK DI KELAS X SMK NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTEK SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PRAKTEK DASAR INSTALASI LISTRIK DI KELAS X SMK NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bulakamba tidak hanya membekali peserta didiknya di dalam sekolah melalui teori, namun dibekali pula melalui praktek. Pelaksanaan praktek sangat bergantung pada kelengkapan peralatan praktek, keterbatasan dan kelengkapan dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa pada saat melakukan praktek. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar Praktek Dasar Instalasi Listrik pada siswa kelas X di SMK N 1 Bulakmaba, serta adakah pengaruh kelengkapan peralatan praktek dengan hasil belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar Praktek Dasar Instalasi Listrik pada siswa kelas X SMK N 1 Bulakamba dan adakah pengaruh kelengkapan peralatan praktek dasar instalasi listrik terhadap hasil belajar siswa SMK N 1 Bulakamba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode survey yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bulakamba. Sumber penelitian adalah siswa kelas X SMK N 1 Bulakamba dengan metode pengumpulan data observasi, angkaet atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui observasi langsung, angket atau kuesioner serta dokumentasi ini dengan analisis deskriptif persentase diperoleh sebanyak 50% dalam kategori lengkap, 36% dengan kategori cukup lengkap, sebanyak 14% dalam kategori tidak tuntas dalam pembelajaran. Variabel kelengkapan alat praktek diperoleh sebanyak 3% menyatakan kelengkapan alat dalam kategori sangat lengkap, 44% dalam kategori lengkap, sebanyak 53% kategori cukup lengkap. Kesimpulan dari penelitian ini secara rata-rata hasil belajar Praktek Dasar Instalasi Listrik pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Bulakamba masuk dalam kategori lengkap, yaitu persentase sebesar 50% dengan rata-rata klasikal sebesar 80%. Ada pengaruh yang signifikan antara kelengkapan peralatan praktek terhadap hasil belajar praktek siswa pada mata diklat Praktek Dasar Instalasi Listrik Siswa kelas X SMK Negeri 1 Bulakamba dengan besarnya pengaruh 30,9%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan Peralatan, Hasil Belajar, SMK N 1 Bulakamba
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 16:26
Last Modified: 19 May 2014 16:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18518

Actions (login required)

View Item View Item