PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KATAK PADA SISWA KELAS 4 SDN KRAPYAK LOR 04 KEC. PEKALONGAN UTARA KOTA PEKALONGAN
YUDHO PRAYITNO, 610291 0170 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KATAK PADA SISWA KELAS 4 SDN KRAPYAK LOR 04 KEC. PEKALONGAN UTARA KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KATAK PADA SISWA KELAS 4 SDN KRAPYAK LOR 04 KEC. PEKALONGAN UTARA KOTA PEKALONGAN)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penjasorkes melaui modifikasi permainan lompat jauh terhadap peningkatan hasil belajar lompat jauh siswa kelas IV SDN Krapyak Lor 04 Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksankan di SDN Krapyak Lor 04 Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan oleh kelas IV semester genap. Objek penelitian dalam dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data nama siswa kelas IV, observasi (pengamatan) yang digunakan untuk memperoleh data keterampilan siswa yang meliputi aspek psikomotorik dan aspek afektif siswa, sedangkan angket diberikan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi modifikasi lompat jauh dan tanggapan atau respon siswa terhadap pembelajaran lompat jauh melalui pendekatan permainan bola katak. Hasil penelitian ptk menunjukkan bahwa hasil penilaian pemahaman siswa ( kognitif ) selama siklus I mencapai 92,00 % dan pada siklus II persentase rata – rata mencapai 96,00 %. Kriteria peningkatan rendah ( low gain ). Hasil pengamatan psikomontor selama siklus I persentase rata – rata mencapai 72,00 %. Pada siklus II, persentase rata – rata meningkat menjadi 80,00 %, criteria peningkatan unjuk kerja psikomontor adalah rendah ( low gain ). Hasil pengamatan afektif selama siklus I mencapai persentase 76 % dan pada siklus II persentase rata – rata mencapai 92,00%. Dengan demikian hasil yang dicapai selama siklus I dan IIdalam pembelajaran lompat jauh melalui pendekatan permainan bola katak dalam semua aspek ada peningkatan dan dinyatakan pembelajaran tuntas. Pembelajaran penjasorkes dengan modifikasi permainan bola katak pada lompat jauh dapat meningkatkan ketrampilan siswa.Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan prosentase kognitif,psikomotor,afektif,dan meningkatnya respon siswa untuk mengikuti pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, modifikasi permainan lompat jauh dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2014 16:34 |
Last Modified: | 19 May 2014 16:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18488 |
Actions (login required)
View Item |