UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI MODEL PERMAINAN PADA KELAS V SD NEGERI 1 MERGASANA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012


TUGIMIN, 6102910167 (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI MODEL PERMAINAN PADA KELAS V SD NEGERI 1 MERGASANA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI MODEL PERMAINAN PADA KELAS V SD NEGERI 1 MERGASANA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI MODEL PERMAINAN PADA KELAS V SD NEGERI 1 MERGASANA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar guling depan pada pembelajaran senam lantai guling depan pada siswa kelas V SD N 1 Mergasana melalui model permainan.meningkatnya hasil belajar dapat diukur dari hasil yang diperoleh dari siklus I dan siklus II. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi antara peneliti dan guru. Subyek penelitian siswa kelas V SDN 1 Mergasana semester gasal tahun ajaran 2012 yang berjumlah 27 siswa. Model yang digunakan adalah macam-macam model permainan senam guling depan,diantaranya, permainan guling depan dengan awalan lari, permainan guling depan dengan melewati rintangan tali, permainan guling depan dengan awalan lompat dan permainan guling depan dengan awalan lompat kardus. Hasil penelitian ini menunjukkan proses belajar-mengajar guling depan meningkat dari siklus I dan siklus II, terbukti dari Siklus I rata-rata aktivitas siswa mencapai 48,75% dengan kriteria cukup, siklus II mencapai 72,5% dengan kriteria baik. Siklus I keterampilan guru mencapai 57,5% kriteria cukup, siklus II 73,75% kriteria baik. Simpulan berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran senam guling depan melalui model permainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Data awal yang diperoleh dari siklus I Rata-rata kelas adalah sebesar 66,66% atau sebanyak 18 siswa yang memenuhi standar KKM sebesar 70 sedangkan 9 siswa atau sebesar 33,33 % yang belum memenuhi KKM. Rata-rata nilai diakhir siklus II meningkat menjadi 24 atau sebesar 88,88% yang memenuhi KKM dan 3 siswa atau sebesar 11,11 % dibawah KKM

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guling depan, Model permainan , hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 16:34
Last Modified: 19 May 2014 16:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18480

Actions (login required)

View Item View Item