PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS MELALUI MEDIA DAM PENGAIRAN PERTANIAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEMUH KEC. PECALUNGAN KAB. BATANG TAHUN 2011/ 2012


Dhian Sunaryo, 6102910133 (2012) PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS MELALUI MEDIA DAM PENGAIRAN PERTANIAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEMUH KEC. PECALUNGAN KAB. BATANG TAHUN 2011/ 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS MELALUI MEDIA DAM PENGAIRAN PERTANIAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEMUH KEC. PECALUNGAN KAB. BATANG TAHUN 2011/ 2012]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS MELALUI MEDIA DAM PENGAIRAN PERTANIAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEMUH KEC. PECALUNGAN KAB. BATANG TAHUN 2011/ 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah Apakah bentuk olahraga renang melalui media DAM pengairan pertanian dapat diterapkan dalam pembelajaran Penjasorkes siswa sekolah dasar dan Apakah bentuk olahraga renang gaya bebas melalui media DAM pengairan pertanian optimal untuk mengarahkan siswa sekolah dasar kedalam olahraga renang. Tujuan dari skripsi ini yaitu Untuk mengetahui apakah bentuk olahraga renang melalui media DAM pengairan pertanian dapat diterapkan dalam pembelajaran Penjasorkes siswa sekolah dasar serta Untuk mengetahui apakah bentuk olahraga renang gaya bebas melalui media DAM pengairan pertanian optimal dalam mengarahkan siswa sekolah dasar kedalam olahraga renang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pentahapan atau siklus. Obyek Penelitian difokuskan pada pembelajaran penjasorkes renang gaya bebas dengan menggunakan DAM pengairan pertanian yang digunakan sebagai media untuk mengoptimalkan ranah gerak siswa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif. Pada analisa deskriptif hasil penilaian uji praktek olahraga pada tahap pra sikluss, siklus ke-1, dan siklus ke-2 dihitung perolehan rata-rata kelas dan dibandingkan apakah ada peningkatan dari tahapan-tahapan tersebut. Pada analisa deskriptif hasil pengamatan terhadap siswa dianalisa atas kualitas perilaku pada saat persiapan, pelaksanaan, dan akhir pembelajaran. Hasil analisa deskriptif menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 76% diatas KKM dan 24% siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM pada siklus tahap I sedangkan pada siklus tahap II dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dari tahapan pra siklus nilai rata-rata sebesar 69, pada tahapan siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 71 dan setelah melalui siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 72. Dengan hasil yang dicapai oleh siswa maka pembelajaran cukup optimal. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media DAM pengairan pertanian yang diberikan guru kepada siswa sebagai alat bantu pembelajaran renang sangat memberikan sumbangan yang berarti bagi siswa, dan secara tidak langsung merangsang keingintahuan siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga mengakibatkan pemahaman siswa yang lebih mudah. Disarankan agar Guru memperhatikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam menyusun program pembelajaran dengan karakteristik dan tingkat pertumbuhan siswa serta menggunakan alat peraga/ alat bantu yang relevan dalam memberikan materi ajar kepada siswa supaya siswa dapat mencerna materi ajar dengan lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Renang Gaya Bebas Melalui Media DAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:01
Last Modified: 19 May 2014 17:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18471

Actions (login required)

View Item View Item