Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Kemampuan Dasar Bahasa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) SMA Negeri 1 Pemalang Tahun 2007 / 2008


Setia Aji, 3301404104 (2009) Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Kemampuan Dasar Bahasa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) SMA Negeri 1 Pemalang Tahun 2007 / 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Kemampuan Dasar Bahasa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) SMA Negeri 1 Pemalang Tahun 2007 / 2008] PDF (Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Kemampuan Dasar Bahasa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) SMA Negeri 1 Pemalang Tahun 2007 / 2008) - Published Version
Download (6MB)

Abstract

Prestasi belajar seorang anak dipengaruhi 2 faktor, yakni faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern merupakan faktor dari dalam diri siswa itu sendiri seperti : kesehatan, perhatian, motivasi, kesiapan, bakat, minat, kematangan dan kecerdasan (intelegensi). Sedangkan faktor ekstern merupakan faktor dari luar siswa seperti : metode pengajaran, kurikulum, teman bermain, keluarga, dan lainlain. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah kecerdasan anak itu sendiri. Berkaitan dengan permasalahan akademik, ada 2 jenis kecerdasan yang berperan penting, yakni kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa. Pengaruh tingginya kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa juga akan berpengaruh terhadap tingginya prestasi belajar anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah pengaruh antara kemampuan dasar matematika dan bahasa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Pemalang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Ilmu Sosial (IS) SMA Negeri 1 Pemalang yang berjumlah 137 siswa, yang terbagi dalam 4 kelas yaitu IS 1, IS 2, IS 3, dan IS 4. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 102 sampel yang diambil secara acak dari jumlah keseluruhan siswa kelas XI jurusan Ilmu Sosial tahun 2007/2008 yaitu 137 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan dasar matematika, kemampuan dasar bahasa, dan prestasi belajar akuntansi. Hasil uji persamaan regresi secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 13.686, dan signifikan pada taraf 0.000. Karena prob Fhitung < 0.05, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi prestasi mata pelajaran akuntansi. Atau dengan kata lain, kemampuan dasar matematika (X1) dan kemampuan dasar bahasa (X2) secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan (Y). Hal ini berarti Ha diterima. Demikian halnya dengan uji koefisien korelasi parsial (Uji t) menunjukkan bahwa untuk kemampuan dasar matematika diperoleh nilai thitung sebesar 3.378, dan signifikan pada taraf 0.001. Karena prob thitung < 0.05, maka model regresi ini dapat digunakan untuk memprediksi prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. Hal ini berarti Ha diterima. Sedangkan untuk kemampuan dasar bahasa diperoleh nilai thitung sebesar 7.952, dan signifikan pada taraf 0.000. Karena prob thitung < 0.05, maka model regresi ini dapat digunakan untuk memprediksi prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. Hal ini berarti Ha diterima. Hasil uji koefisien determinasi ganda (R2) menunjukkan besarnya pengaruh antara kemampuan dasar matematika (X1) dan kemampuan dasar bahasa (X2) terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi (Y) secara bersama-sama tergolong sedang. Hal ini ditunjukan pada R2 (koefisien determinasi) sebesar = 0.20. Artinya 20% prestasi belajar akuntansi siswa dapat dijelaskan melalui kemampuan dasar matematika dan bahasa, sedangkan sisanya sebesar 80% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kemampuan dasar matematika dan bahasa yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Pemalang. Saran bagi pihak sekolah diharapkan dapat lebih selektif dalam memilih input siswa yang akan masuk jurusan Ilmu Sosial (IS), khususnya kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa. Pihak sekolah juga diharapkan meningkatkan mutu pembelajaran matematika dan bahasa Indonesia yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan dasar matematika, kemampuan dasar bahasa, prestasi belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:08
Last Modified: 25 Apr 2015 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item