MeningkatkanHasilBelajarGerakKeseimbanganDenganPendekatan Media Audio Visual PadaSiswaKelas IV Akselerasi SD HjIsriatiBaiturrahman 1 Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun 2012


Mashudi Untung, 6102910117 (2012) MeningkatkanHasilBelajarGerakKeseimbanganDenganPendekatan Media Audio Visual PadaSiswaKelas IV Akselerasi SD HjIsriatiBaiturrahman 1 Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MeningkatkanHasilBelajarGerakKeseimbanganDenganPendekatan Media Audio Visual PadaSiswaKelas IV Akselerasi SD HjIsriatiBaiturrahman 1 Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun 2012]
Preview
PDF (MeningkatkanHasilBelajarGerakKeseimbanganDenganPendekatan Media Audio Visual PadaSiswaKelas IV Akselerasi SD HjIsriatiBaiturrahman 1 Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah 1.bahwa Gerak keseimbangan merupakan salah satu materi yang wajib diajarkan di sekolah dasar, 2. banyaknya siswa yang mempunyai berat badan tidak proposional atau kegemukan yang tentunya berpengaruh dan menyulitkan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Sehingga muncul permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar gerak keseimbangan di kelas IV akselerasi di SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang tahun 2012.Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar gerak keseimbanagn dengan pendekatan media audio visual pada siswa kelas IV akselerasi SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ), yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru yang terfokus pada masalah yang ada dikelas yang bertujuan memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan ( planning ), pelaksanaan tindakan ( Acting ), Observasi ( Observing ), serta evaluasi dan refleksi ( reflecting ) Dari Hasil kegiatan Pembelajaran yang dilaksanakan selama dua siklus dan berdasarkan seluruh pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak keseimbangan pada siswa kelas IV Akselerasi SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi awal dengan prosentase 25%, pada siklus I meningkat menjadi 78%, dan pada siklus II menjadi 98%. Pada siklus II ini prosentase rata-rata kenaikan yang 98% ( sangat tinggi ) dengan hasil perubahan peningkatan ( 20%). Dengan melihat hasil penelitian yang sudah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan pendekatan media audio visual pada siswa kelas IV Akselerasi SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang tahun 2012 pada pelajaran Penjasorkes dapat meningkatkan hasil belajar gerak keseimbangan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka disarankan bagi sekolah yang belum memiliki media audio visual dapat melengkapi alat tersebut sebagai sarana pembelajaran. Dan bagi guru penjas dengan melihat keberhasilan pada penelitian ini maka media audio visual disarankan dapat digunakan pada pembelajaran Penjasorkes dimateri yang lain

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BelajarGerakKeseimbangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:50
Last Modified: 19 May 2014 17:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18459

Actions (login required)

View Item View Item