Efektivitas Metode Ceramah Plus dengan Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Kesatrian 2 Semarang


Teguh Prasetyo, 2302408015 (2013) Efektivitas Metode Ceramah Plus dengan Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Kesatrian 2 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Metode Ceramah Plus dengan Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Kesatrian 2 Semarang]
Preview
PDF (Efektivitas Metode Ceramah Plus dengan Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Kesatrian 2 Semarang)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Jepang, peran metode dan media pembelajaran sangatlah penting guna menunjang proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil pengamatan penulis terhadap siswa di SMK Kesatrian 2 Semarang dalam proses pembelajaran, siswa mengalami beberapa kesulitan dalam mempelajari bahasa Jepang. Beberapa masalah yang dirasakan mahasiswa diantaranya sulit untuk memahami penjelasan pola kalimat yang diajarkan, selain itu siswa juga mengangap bahasa Jepang sulit, sehingga kurang bersemangat dalam belajar. Hal ini mengakibatkan siswa sering salah dalam menggunakan pola kalimat, serta kurang aktif dalam proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan metode yang tepat dan penggunaan media yang interaktif. Peneliti mencoba menggunakan metode ceramah plus dengan media interaktif dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA. Metode ceramah plus merupakan gabungan metode ceramah dengan metode lain, seperti diskusi, tanya jawab, dan demonstrasi. Peneliti juga menggunakan media interaktif yang dilengkapi dengan gambar dan animasi, sehingga diharapkan bisa menjadikan siswa mudah memahami pelajaran dan lebih bersemangat dalam belajar bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode ceramah plus dengan media interaktif dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Kesatrian 2 Semarang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai sumber data primer dan dokumentasi sebagai sumber data skunder. Penelitian ini menggunakan validitas isi, perhitungan rehabilitas dengan menggunakan rumus R-11 dan perhitungan kriteria efektivitas menggunakan t-tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Ceramah Plus dengan media interaktif efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang kelas X SMA. Hal ini dibuktikan dari hasil tes rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,2 sedangkan kelas kontrol yaitu 69 menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi. Dari perhitungan table t-test pada tingkat kepercayaan 5% untuk n= 30 adalah berupa hasil hitung t-test 1,70. Sedangkan pada t tabel untuk n (30-1) tingkat kepercayaan 1% adalah 2,46. Maka penggunaan metode ceramah plus dengan media interaktif dalam pembelajaran bahasa jepang di kelas X, terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode, Ceramah Plus, Media Interaktif, Bahasa Jepang.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:50
Last Modified: 19 May 2014 17:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18458

Actions (login required)

View Item View Item