MENINGKATKAN PENGUASAAN BELAJAR SENAM RIA INDONESIA BARU MELALUI PAKET LATIHAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PROTOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL 2012


HENY KUSMAWATI, 6102910108 (2012) MENINGKATKAN PENGUASAAN BELAJAR SENAM RIA INDONESIA BARU MELALUI PAKET LATIHAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PROTOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN PENGUASAAN BELAJAR SENAM RIA INDONESIA BARU MELALUI PAKET LATIHAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PROTOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL 2012]
Preview
PDF (MENINGKATKAN PENGUASAAN BELAJAR SENAM RIA INDONESIA BARU MELALUI PAKET LATIHAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PROTOMULYO KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Selama mengajar senam ritmik, penguasaan belajar murid-murid masih kurang memuaskan. Hal ini membuat peneliti risau yang akhirnya tergugah untuk membuat paket pembelajaran yaitu paket latihan berjenjang. Rumusan masalah ini adalah "apakah penguasaan belajar senam ritmik dapat ditingkatkan melalui paket latihan berjenjang pada kelas V semester II SD Negeri 2 Protomulyo?" Paket pembelajaran akan disusun dan dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan Tahun Pelajaran 2012 dengan sampel yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan dengan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mendapatkan skor nilai yang dilakukan siswa pada prasiklus,siklus I, siklus II. Sedangkan non tes melalui pengamatan atau observasi. Pengamatan dilakukan terhadap aktivitas belajar siswa pada saat berlangsung proses belajar, aktivitas guru pada saat mengelola pembelajaran. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif yaitu data kuantitatif dengan menganalisisnya menggunakan persentase. Berdasarkan metode yang digunakan,hasil penelitian bahwa dengan menggunakan paket latihan berjenjang sudah sangat efektif dilaksanakan, ini dilihat dari hasil banyaknya ketuntasan yang dicapai,pada prasiklus terdapat 2 anak atau 9%, pada siklus I tingkat hafalan menjadi 18 anak atau 82% dan pada siklus II tepat irama mencapai 19 siswa atau 86%,sedangkan keluwesan mencapai 20 siswa atau 91%. Oleh karena itu paket latihan berjenjang perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan penguasaan senam ritmik di kelas V SD Negeri 2 Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa paket latihan berjenjang terbukti dapat meningkatkan penguasaan siswa. Saran yang dianjurkan adalah hendaknya lebih berkreatifitas dalam memilih dan metode sesuai materi yang akan diajarkan serta penggunaan media yang dapat meningkatkan penguasaan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Belajar Senam Ria Indonesia Baru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:55
Last Modified: 19 May 2014 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18457

Actions (login required)

View Item View Item