UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MINI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA BERTAHAP PADA SISWA KELAS V SDN 1 NGADIWARNO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Maryamah, 61029110104 (2012) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MINI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA BERTAHAP PADA SISWA KELAS V SDN 1 NGADIWARNO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MINI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA BERTAHAP PADA SISWA KELAS V SDN 1 NGADIWARNO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MINI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA BERTAHAP PADA SISWA KELAS V SDN 1 NGADIWARNO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru di kelas adalah keterampilan servis bawah siswa kelas V SDN 1 Ngadiwarno yang masih rendah ditandai persentase anak yang mampu melakukan servis bawah bola voli hanya 53,33%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli siswa kelas V SDN 1 Ngadiwarno tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap pretest, tahap siklus I dan tahap siklus II. Tindakan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Ngadiwarno tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes praktik servis bawah, lembar observasi aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, dan angket tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk mengungkap hasil ketuntasan belajar klasikal siswa. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 53,33% siswa mampu melakukan servis bawah bola voli dengan benar. Dengan menggunakan model pembelajaran secara bertahap, hasil siklus I menunjukkan bahwa 63,33% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan persentase keaktifan 76,66% dan merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 77%. Hasil siklus II menunjukkan bahwa 86,67% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan persentase keaktifan 81,33% dan merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 82%. Karena persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa melampaui 80%, penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indikator keberhasilan. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran secara bertahap dapat meningkatkan keterampilan servis bawah bola voli siswa kelas V SD Negeri 1 Ngadiwarno tahun pelajaran 2011/2012. Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu: (1) model pembelajaran secara bertahap dapat menjadi alternatif bagi guru penjasorkes untuk diterapkan pada materi servis bawah bola voli, (2) guru hendaknya mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif, tidak terlalu lama bermain sehingga menyita waktu pelajaran, dan melakukan pendampingan selama proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: servis bawah, bola voli mini, model pembelajaran secara bertahap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:55
Last Modified: 19 May 2014 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18454

Actions (login required)

View Item View Item