MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELINCAHAN DAN KECEPATAN DRIBLE DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V SD N 1 SIDOREJO KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL


WAKHIDUN, 6102910100 (2012) MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELINCAHAN DAN KECEPATAN DRIBLE DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V SD N 1 SIDOREJO KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELINCAHAN DAN KECEPATAN DRIBLE DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V SD N 1 SIDOREJO KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELINCAHAN DAN KECEPATAN DRIBLE DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V SD N 1 SIDOREJO KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model kelincahan dan kecepatan dalam penjasorkes melalui metode student Temas Achievement Division Pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sidorejo Kecamatan Brangsong tahun pelajaran 2011-2012. Dari permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran kelincahan dan kecepatan yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD Negeria 1 Sidorejo dengan metode STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall yang telah dimodifikasi yaitu (I) melakukan penelitian pendahluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran kelincahan dan kecepatan Drible bola), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli pensorkes dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba pada kelompok dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama Siklus I berdasarkan hasil evaluasi ahli sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal Siklus I yang dibuat oleh peneliti, (5) uji keterampilan yang melibatkan 26 siswa, (6) revisi produk akhir (Siklus II) yang dilakukan berdasarkan uji ketrampilan, (7) hasil akhir model pembelajaran dengan pendekatan metode Student Teams Achievement Division (STAD). Kelincahan dan kecepatan drible bola bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Sidorejo. Pengumpulan data Dilakukan dengan menggunakan Kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli. Uji kelincahan dan kecepatan 26 siswa kelas V SD Negeri 1 Sidorejo. Data yang diperoleh berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek prikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli dari 4 (kategori baik) presentase hasil uji coba awal hasilnya 61.23% dari KKM yang telah ditentukan dan prosentase pada Siklus I 69.23% sedangkan pada Siklus II 88.46% dari KKM. Berdasarkan data tersebut maka model pembelajaran kelincahan dan kecepatan dapat dipergunakan untuk siswa kelas V SD Negeri 1 Sidorejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Simpulan penelitian di atas diharapkan guru Penjasorkes di SD menerapkan produk pembelajaran dengan pendekatan Motode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran Penjasorkes

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kelincahan dan Kecepatan. Melalui pendekatan Metode Student Teams Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:42
Last Modified: 31 Oct 2013 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18446

Actions (login required)

View Item View Item