PENERAPAN PERMAINAN GUNUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT PADA SISWA KELAS IIIB SDN MANYARAN 01 SEMARANG


Ridho Irwanto, 6102910097 (2012) PENERAPAN PERMAINAN GUNUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT PADA SISWA KELAS IIIB SDN MANYARAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PERMAINAN GUNUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT PADA SISWA KELAS IIIB SDN MANYARAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN PERMAINAN GUNUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT PADA SISWA KELAS IIIB SDN MANYARAN 01 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar gerak dasar melompat pada siswa kelas IIIB Sekolah Dasar Negeri Manyaran 01 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar melompat pada siswa kelas IIIB Sekolah Dasar Negeri Manyaran 01 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian siswa kelas IIIB SD Negeri Manyaran 01 yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar ketrampilan gerak dasar melompat. Analisis data menggunakan data deskriptif dan persentase. Hasil penelitian adalah : 1) aspek kognitif sebanyak 29 anak (85%) berkategori berpengetahuan, 2) aspek afektif sebanyak 25 anak (75%) berkategori baik, 3) aspek psikomotor siswa sebanyak 25 anak (75%) berkategori aktif dari siklus awal sampai akhir mengalami peningkatan, hasil yang diperoleh menunjukan bahwa penerapan permainan gunungan untuk meningkatkan ketrampilan gerak dasar melompat dapat diterima lebih mudah oleh siswa. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan gunungan dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar melompat. Saran bagi guru dalam mengembangkan macam–macam model pembelajaran, agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan, dan guru menjadi lebih profesional dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan gunungan meningkatkan gerak dasar melompat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:25
Last Modified: 31 Oct 2013 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18438

Actions (login required)

View Item View Item