PERAN BADAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PERSPEKTIF PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 14 TAHUN 2002 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN TEGAL PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGRAJIN TAHU


RIZKI ANAS KURNIAWAN, 8150408097 (2013) PERAN BADAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PERSPEKTIF PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 14 TAHUN 2002 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN TEGAL PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGRAJIN TAHU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN BADAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PERSPEKTIF PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 14 TAHUN 2002 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN TEGAL PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGRAJIN TAHU]
Preview
PDF (PERAN BADAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PERSPEKTIF PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 14 TAHUN 2002 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN TEGAL PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGRAJIN TAHU)
Download (627kB) | Preview

Abstract

Lingkungan merupakan kondisi ruang yang ada di sekitar kita yang terkait dengan kehidupan, sehingga keberadaannya perlu dipelihara dan dilestarikan untuk kesejahteraan masyarakat, untuk mewujudkan hal tersebut Badan Lingkungan Hidup dan masyarakat khususnya pengrajin dalam pengelolaan lingkungan perlu ditingkatkan. Pembuatan tahu yang dikerjakan dengan bahan baku kedelai akan membutuhkan air antara 7-10 ltr/ 1kg kedelai. Sisa air untuk proses pembuatan tahu merupakan limbah cair dengan karakteristik organik tinggi dan apabila langsung dibuang tanpa ada penanganan akan menurunkan daya dukung lingkungan/pencemaran. Permasalahan yang akan dikaji adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana Peran Badan Lingkungan Hidup dalam Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 14 Tahun 2002 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Tegal pada Pengrajin Industri Tahu. (2) Bagaimana Sinergitas Stakeholder dalam Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 14 Tahun 2002 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Tegal. Pendekatan peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris, yaitu melakukan pembahasan terhadap kenyataan atau data yang ada dalam praktik yang selanjutnya dihubungkan dengan ketentuan hukum yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian : (1) Peran Badan Lingkungan Hidup dalam Perspektif Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2002 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Tegal pada Pengrajin Tahu adalah dengan membangun Biodigester untuk menampung limbah tahu yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif (biogas). (2) Sinergitasnya adalah dengan bekerja bersama dan saling berkoordiansi dalam melaksanakan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 14 Tahun 2002 tentang pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Tegal. Simpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa peran BLH dan sinergitasnya sudah berjalan cukup baik dan memberikan kontribusi pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal efisien dalam mewujudkan lingkungan hidup Kabupaten Tegal menjadi bersih dan bebas dari limbah, antara lain limbah tahu dengan pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat dan didukung peran dari Pemerintah Daerah. Saran dari penelitian ini adalah BLH harus memperhatikan lingkungan sekitar dan mayarakat khususnya pengrajin industri tahu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Sinergitas dan Lingkungan
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:44
Last Modified: 31 Oct 2013 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18383

Actions (login required)

View Item View Item