UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA JERAMI KELAS IV SD NEGERI 2 SOMOGEDE KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2012


DWI HANIFAH, 6102910064 (2012) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA JERAMI KELAS IV SD NEGERI 2 SOMOGEDE KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA JERAMI KELAS IV SD NEGERI 2 SOMOGEDE KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2012]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA JERAMI KELAS IV SD NEGERI 2 SOMOGEDE KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah masih kurangnya sarana dan prasarana disekolah terutama bak pasir untuk pembelajaran lompat jauh. Sehingga pembelajaran lompat jauh tidak diajarkan. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan menggunakan media Jerami dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok ? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan Jerami siswa SDN 2 Somogede Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo, dilihat dari aspek psikomotor, afektif dan kognitif siswa. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV SDN 2 Somogede yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 11 siswa putra dan 12 siswa putri . Tehnik analisa data menggunakan lembar penilaian observasi, instrumen penilaian psikomotor, afektif, kognitif dan tes praktek dengan jenis penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran lompat jaug dengan menggunakan media Jerami, pada siklus pertama aktivitas gerak siswa dalam mengikuti pembelajaran yaitu 61 % dan pada siklus kedua mencapai 91 %. Dari hasil nilai tersebut bisa dikatakan pembelajaran telah tuntas. Penentuan indikator keberhasilan dalam belajar yaitu 80%, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan media Jerami tergolong dalam kriteria sangat baik dan telah tuntas pada siklus kedua, berarti pembelajaran dengan menggunakan Jerami dapat meningkatkan proses pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Peneliti juga mengajukan saran yaitu : 1). Kepada guru, guru bisa menggunakan alternative pilihan untuk pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan media Jerami, agar siswa lebih aktif, senang. 2) Kepada siswa untuk dapat meningkatkan semangat belajar dan berusaha untuk dapat menguasai materi pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan keterampilan lompat jauh melalui media jerami
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:38
Last Modified: 31 Oct 2013 15:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18352

Actions (login required)

View Item View Item