HUBUNGAN ANTARA MASA KERJA DAN PEMAKAIAN MASKER SEKALI PAKAI DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA BAGIAN COMPOSTING DI PT. ZETA AGRO CORPORATION BREBES


RISKA RISKI, 6450407130 (2012) HUBUNGAN ANTARA MASA KERJA DAN PEMAKAIAN MASKER SEKALI PAKAI DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA BAGIAN COMPOSTING DI PT. ZETA AGRO CORPORATION BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA MASA KERJA DAN PEMAKAIAN MASKER SEKALI PAKAI DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA BAGIAN COMPOSTING DI PT. ZETA AGRO CORPORATION BREBES]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA MASA KERJA DAN PEMAKAIAN MASKER SEKALI PAKAI DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA BAGIAN COMPOSTING DI PT. ZETA AGRO CORPORATION BREBES)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Masa kerja adalah suatu kurun waktu atau lamanya tenaga kerja itu bekerja di suatu tempat. Semakin lama orang bekerja maka semakin besar pula resiko terkena penyakit akibat kerja. Paparan debu yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan kesehatan terutama kesehatan paru. Pekerja bagian composting di PT. Zeta Agro Corporation beresiko mengalami penurunan kapasitas vital paru karena terpapar debu secara terus menerus dan dalam waktu lama tanpa menggunakan alat pelindung diri masker sekali pakai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara masa kerja dan pemakaian masker sekali pakai dengan kapasitas vital paru pada pekerja bagian composting di PT. Zeta Agro Corporation Brebes. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja bagian composting yang berjumlah 40 orang. Dengan Sampel yang memenuhi criteria berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah spirometer hutchinson, timbangan badan, microtoise dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji chi square dengan uji alternatifnya uji Fisher’s Exact Test dan Kolmogorov-Smirnov). Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa variabel yang berhubungan dengan dengan kapasitas vital paru adalah variabel masa kerja dengan nilai p 0,032 (< 0,05) dan variabel pemakaian masker sekali pakai dengan nilai p 0,006 (< 0,05). Saran yang dapat diajukan untuk pekerja bagian composting adalah penggunaan alat pelindung diri masker sekali pakai ketika bekerja dan memeriksakan kesehatan paru secara berkala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital Paru, Masa Kerja, Alat Pelindung Diri Masker.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:54
Last Modified: 31 Oct 2013 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18348

Actions (login required)

View Item View Item