UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NGASINAN KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012


BUDI SANTOSO, 6102910058 (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NGASINAN KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NGASINAN KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NGASINAN KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2011/2012.dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ngasinan yang terletak di Desa Ngasinan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang.Tolakan merupakan salah satu faktor yang sering menjadi kendala bagi siswa dalam melakukan cabang atletik nomor lompat jauh. Rangkaian gerakan awalan dengan pada saat tolakan yang begitu cepat, menyebabkan hasil tolakan siswa tidak optimal. Teknik lompat sangat mempengaruhi dalam hasil lompatan. Salah satunya adalah dengan memberikan pembelajaran yang bertujuan memperbaiki teknik lompat jauh, dalam hal ini ditekankan pada aspek tolakannya. Methode dalam penelitian tindakan kelas ini, menggunakan sampel siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 20 siswa putra dan 14 siswa putri. Dalam penelitian ini siswa diberi materi melompati kardus dengan susunan horisontal dan vertikal. Di setiap akhir pembelajaran dilakukan pengamatan setiap siswa melakukann unjuk kerja lompat jauh serta diberi instrumen untuk mengetahui hasil dan peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa dengan menggunakan media kardus dapat mendorong siswa lebih aktif serta lebih merangsang siswa dalam menguasai gerak lompat jauh aspek tolakan dan ada perbaikan unjuk kerja siswa. Hal ini dapat diketahui adanya peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua. Nilai rata-rata unjuk kerja siklus pertama 57,5 tuntas belajar 23,5 %, dan belum tuntas 76,5%. Dan siklus kedua ini nilai ratarata unjuk kerja 71,63. tuntas belajar 85,2. belum tuntas 14,8%. Dengan hasil pada pertemuan kedua ini dapat diketahui bahwa nilai unjuk kerja perbaikan pembelajaran lompat jauh pada aspek tolakan ada peningkatan, 14,13 dari pertemuan pertama. Serta ketuntasan belajar ada peningkatan 62 %. Media kardus dapat mendorong siswa lebih aktif serta lebih merangsang siswa dalam menguasai gerak lompat jauh, pada pembelajaran gerak dasar lompat jauh. Pembelajaran menarik minat, semangat dan partisipasi siswa untuk menguasai gerak dasar lompat jauh. dan partisipasi siswa untuk menguasai gerak dasar lompat jauh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Lompat Jauh, Media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 16:46
Last Modified: 31 Oct 2013 16:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18344

Actions (login required)

View Item View Item