PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM KESEIMBANGAN MENGGUNAKAN REL BEKAS PADA SISWA KELAS III SDN GUMAYUN 02 KECAMATAN DUKUHWARU KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012


NINIK ATYANINGSIH, 6102910044 (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM KESEIMBANGAN MENGGUNAKAN REL BEKAS PADA SISWA KELAS III SDN GUMAYUN 02 KECAMATAN DUKUHWARU KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM KESEIMBANGAN MENGGUNAKAN REL BEKAS PADA SISWA KELAS III SDN GUMAYUN 02 KECAMATAN DUKUHWARU KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM KESEIMBANGAN MENGGUNAKAN REL BEKAS PADA SISWA KELAS III SDN GUMAYUN 02 KECAMATAN DUKUHWARU KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan peneliti adalah bagaimana peningkatan pembelajaran senam keseimbangan menggunakan rel bekas pada siswa kelas III SD Negeri Gumayon 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Tujuan penelitian, untuk meningkatan pembelajaran senam keseimbangan dengan menggunakan rel bekas pada siswa kelas III SD Negeri Gumayon 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pelaksanaan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Gumayun 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal yang berjumlah 19 siswa dengan objek penelitian memanfaatkan rel bekas yang meliputi keseimbangan berjalan lurus, berjalan menyamping, berjalan jinjit dengan membawa beban maupun tanpa membawa beban. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi dengan tiga aspek penilaian, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari hasil pengamatan dan hasil angket respon siswa terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung, diperoleh hasil penilaian yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik mengalami peningkatan dari sebelum diadakan penelitian tindakan kelas (pra siklus), yaitu semula 5 siswa atau sebesar 26,32% yang sudah dinyatakan tuntas menjadi 11 siswa atau 57,89% dan meningkat lagi di siklus kedua menjadi 19 siswa atau 100% tuntas belajar. Hal ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar di setiap siklusnya. Simpulan dalam penelitian, bahwa dengan memanfaatkan rel bekas dapat meningkatan pembelajaran senam keseimbangan pada siswa kelas III SDN Gumayun 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Peneliti menyarankan : (1) diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan (2) sebaiknya guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar dapat menciptakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pembelajaran, Senam Keseimbangan, Rel Bekas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:06
Last Modified: 31 Oct 2013 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18342

Actions (login required)

View Item View Item